Ridwan Kamil Gabung Partai Golkar, Relawan Muda Airlangga: Langkah Positif dan Jitu

Kabar bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Partai Golkar telah santer sejak beberapa bulan belakangan. Hal ini ditandai keinginan Ridwan Kamil sendiri yang merasa perlu masuk ke dalam sebuah partai politik untuk memantapkan posisinya sebagai salah satu tokoh politik muda di tanah air.

Juga ditandai dengan intensitas pertemuan sang Gubernur dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto yang sangat intens hampir setahun belakangan.

Sinyalemen Ridwan Kamil bergabung ke Partai Golkar semakin nyata setelah dia mengenakan seragam ormas yaitu Kosgoro 1957 salah satu dari tiga organisasi KINO pendiri Golkar pada masa Orde Baru. Ketua Dewan Pembina Relawan Muda Airlangga (RMA), Khalid Zabidi menyambut positif langkah politik yang diambil Ridwan Kamil.

“Bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar adalah langkah politik yang positif dan jitu, Ridwan Kamil telah siap menapakan kakinya di medan sosial politik yang lebih tinggi dan luas, yaitu medan sosial politik nasional,” ujar Khalid Zabidi yang juga aktivis 1998 ITB, di Jakarta, Selasa (21/12/2022) di acara Leadership Night 2022 SBM ITB yang mengundang Ridwan Kamil sebagai keynote speech di Hotel JS Luwansa.

Menurut Khalid ini saat yang tepat bagi Ridwan Kamil untuk memperkuat posisi Partai Golkar dan Airlangga Hartarto dalam persiapan menghadapi hajatan besar Pilpres 2024 mendatang. “Saat yang tepat bagi Ridwan Kamil ikut memenangkan Partai Golkar dan memenangkan Airlangga Hartarto sebagai Presiden,” terang Khalid yang juga salah satu Ketua PP JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) ini.

Relawan Muda Airlangga (RMA) pada 25 Agustus 2022 lalu telah menyebut nama Ridwan Kamil sebagai salah satu cawapres yang bisa mendampingi Airlangga Hartarto pada Pilpres 2024 saat menyelenggarakan Konsolidasi Nasional RMA di Kota Bogor (25/8/2022).

Beberapa waktu lalu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil menghadiri kegiatan Pelantikan Bersama Keluarga Besar Kosgoro 1957 di Gedung Sate, Kota Bandung pada Minggu (27/11/2022).

Kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wantimpres RI yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Kosgoro 1957, HR Agung Laksono. Kehadiran Ridwan Kamil di acara Kosgoro 1957 tersebut memicu reaksi masyarakat bahwa Gubernur Jabar itu telah bergabung dengan Partai Golkar.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua Umum DPP Partai Golkar juga menanggapi soal Ridwan Kamil bergabung ke partai yang dipimpinnya itu. Airlangga Hartarto memastikan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bergabung dengan Partai Golkar. “Saat ini, Ridwan Kamil telah bergabung dengan salah satu organisasi pendiri Golkar yaitu Kosgoro 1957.” ucapnya.

Airlangga Hartarto mengatakan, hanya menunggu waktu untuk bergabung dengan Golkar. “Kita masih tunggu, sudah masuk Kosgoro 1957, tinggal masuk Golkar,” ujar Airlangga di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022) lalu. {golkarpedia}