Dokter Ungkap Cedera Nadeo Argawinata, Bakal Absen di Semifinal Piala AFF 2022?

DOKTER PSSI, Syarif Alwi membeberkan kondisi terkini soal cedera yang dialami kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata di laga kontra Filipina pada laga terakhir fase grup Piala AFF 2022. Ia mengatakan kalau nantinya Nadeo bakal menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui seberapa parah cedera yang didapatnya.

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan kala bersua Filipina dengan skor 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila pada Senin (2/1/2023) lalu. Sayangnya, kemenangan tersebut harus dibayar mahal usai Nadeo Argawinata ditarik keluar pada menit ke-23 setelah berbenturan dengan pemain Filipina.

 

Nadeo sempat mengeluh bahwa dirinya merasakan sakit luar biasa dan sesak nafas. Dokter Syarif kemudian menjelaskan dengan detail apa yang sebenarnya dialami pemain Bali United tersebut.

“Itu kan memang dia kena benturan pada daerah pinggul sebelah kanan, abdomen bawah, kena benturan di situ,” kata Dokter Syarif ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (3/1/2022).

“Yang kena terbentur itu, kan ketekan ke atas, kontraksi otot-otot, pernafasan juga ikut, itu istilahnya contusio itu memar pada muskulus atau otot perut abdomen,” ujar Dokter Syarif.

“Jadi terjadi kram otot, waktu dia kena pukul, entah itu sikut atau lutut pemain lain, di situ terjadi semacam kram otot, itu kan kayak sesak nafas,” ucapnya lagi.

Untungnya, kondisi Nadeo kini baik-baik saja usai diberi obat-obatan. Namun sayangnya, Nadeo belum pasti bisa tampil di semifinal Piala AFF 2022.

Nadeo Argawinata

istilahnya contusio pada otot abdominal bawah, tapi sekarang setelah diterapi dan diberi obat-obatan, nyerinya sudah mulai berkurang,” jelasnya.

Kondisi Nadeo akan diperiksa lebih lanjut lewat radiologi. Usai dirontgen, tim dokter akan memastikan ketersediaan pemain berusia 25 tahun itu pada partai semifinal yang akan dihelat pada 6 Januari 2023.

“Malam ini (Timnas Indonesia) tiba (di Jakarta), besok foto sekaligus melihat ada apa nggak kelainan di bagian dalam tulang, mudah-mudahan gak ada kelainan,” terangnya.

“Besok kita lihat perkembangannya bagaimana, harus hati-hati juga dengan pemain kita, kita kasih yang maksimal lah ya, kasih yang terbaik diberi pengobatan,” tutupnya.(Sumber)