Daftar Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode Desember 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Desember 2022. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode Desember 2022 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 3.088 pemberitaan. Berita mengenai Bamsoet didominasi mengenai wacana yang dilemparkannya kepada publik mengenai perpanjangan masa jabatan presiden. Lalu pemberitaan saat Bamsoet mendoakan Kaesang dan Erina langgeng saat pernikahan.

Selanjutnya ada pemberitaan mengenai pandangannya terhadap program deradikalisasi terhadap Napi terorisme belum optimal menyusul kejadian teror bom di Polsek Astana Anyar, Bandung. Reach atau jangkauan pemberitaan terkait Bamsoet adalah sebesar 25,1 juta jangkauan.

Urutan kedua, menyalip Dedi Mulyadi yang di bulan sebelumnya tempati posisi dua ada nama Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI. Komisi I DPR RI membidangi lingkup tugas luar negeri, informasi telekomunikasi, pertahanan keamanan dan intelijen.

Pemberitaan mengenai Meutya Hafid cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi I DPR RI. Meutya Hafid memiliki pemberitaan sebanyak 942 berita. Jangkauan yang dicapai dari berita Meutya Hafid adalah sebesar 8,9 juta jangkauan.

Berita mengenai Meutya Hafid didominasi oleh komentarnya mengenai pemberian pangkat Letkol Tituler kepada Deddy Corbuzier yang dianggap tidak sesuai penempatannya. Lalu ada pula berbagai pemberitaan yang melibatkan Meutya Hafid dalam proses pengangkatan Panglima TNI Yudo Margono. Dan ada pula pemberitaan mengenai kegiatan Meutya Hafid dalam berbagai kegiatan MPO di daerah.

Posisi ketiga ada nama Dedi Mulyadi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Komisi IV DPR adalah komisi yang membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, dan kelautan. Sosok Dedi Mulyadi sudah sangat akrab di telinga publik.

Selain sebagai anggota DPR RI, sebelumnya Dedi Mulyadi dikenal sebagai Bupati Purwakarta 2 periode dan kini secara serius menggarap channel youtube miliknya. Untuk periode bulan Desember 2022, Dedi Mulyadi memiliki 897 pemberitaan. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi adalah sebesar 7,6 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi masih didominasi oleh berita proses perceraiannya dengan Bupati Purwakarta Ratna Anne Mustika yang saling lempar persepsi dan sindiran di media.

Lalu berita mengenai, konten youtubenya terkait diri Dedi Mulyadi yang mendamaikan pengantin gagal nikah Yessy dan Ryan Dono karena permintaan sertifikat rumah. Kemudian berita mengenai pernyataan Dedi Mulyadi tentang pentingnya penataan sosialisasi tata ruang untuk keselamatan warga akibat gempa.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi bersumber dari materi sekunder, media kebanyakan mengambil kutipan dan pemberitaan tentangnya melalui platform media sosial miliknya.

Posisi keempat ada nama Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia. Komisi II DPR RI adalah komisi yang membidangi persoalan dalam negeri, sekretariat negara, dan pemilu. Pemberitaan Ahmad Doli Kurnia untuk Desember 2022 adalah sebanyak 408 pemberitaan dengan reach mencapai 3,8 juta jangkauan.

Selanjutnya urutan kelima adalah anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono. Posisi Dave Laksono stabil jika dibandingkan dengan bulan November 2022. Komisi I DPR RI yang digawangi Dave Laksono sendiri membidangi urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen.

Dave Laksono memiliki 396 pemberitaan sepanjang Desember 2022. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Dave Laksono adalah sebanyak 4,2 juta jangkauan.

Keenam ada wakil Ketua DPR RI yang juga menjabat sebagai Sekjen DPP Partai Golkar. Lodewijk Friedrich Paulus. Berita mengenai Lodewijk F. Paulus berjumlah 214 pemberitaan dan reachnya mencapai 1,6 juta lebih jangkauan.

Posisi ketujuh, turun satu peringkat dari periode sebelumnya ada anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Jawa Timur, yakni Sarmuji. Sarmuji yang juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur, ini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI yang membidangi Industri, Investasi, dan Persaingan Usaha. Berita mengenai Sarmuji berjumlah 242 pemberitaan dan reachnya mencapai 1,7 juta lebih jangkauan.

Posisi kedelapan ada nama Ace Hasan Syadzily, ia duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama dan bidang sosial. Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 201 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 1,6 juta jangkauan.

Posisi sembilan ada nama Cen Sui Lan. Ia merupakan Anggota Komisi V DPR RI, komisi yang membidangi infrastruktur, perhubungan, pedesaan dan kawasan tertinggal serta meteorologi, klimatologi dan geofisika. Legislator Partai Golkar asal Kepulauan Riau itu memiliki pemberitaan sebanyak 195 berita. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Cen Sui Lan adalah sebesar 402.981 jangkauan.

Posisi terakhir atau kesepuluh diisi oleh nama Misbakhun, yang juga merupakan anggota Komisi XI DPR RI. Komisi XI DPR RI merupakan komisi yang membidangi urusan perbankan dan keuangan. Misbakhun memiliki pemberitaan sebanyak 168 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 2,8 juta jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

10 Anggota DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Desember 2022, Berikut daftar lengkapnya:

1. Bambang Soesatyo (Bamsoet)
Ketua MPR RI
3.088 pemberitaan
Reach: 25,1 juta jangkauan

2. Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
942 pemberitaan
Reach: 8,9 juta jangkauan

3. Dedi Mulyadi
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI
897 pemberitaan
Reach: 7,6 juta jangkauan

4. Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI
408 pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan

5. Dave Akbarshah Fikarno (Dave Laksono)
Anggota Komisi I DPR RI
396 pemberitaan
Reach: 4,2 juta jangkauan

6. Lodewijk F. Paulus
Wakil Ketua DPR RI
214 pemberitaan
Reach: 1,6 juta jangkauan

7. Sarmuji
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI
242 pemberitaan
Reach: 1,7 juta jangkauan

8. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
201 pemberitaan
Reach: 1,6 juta jangkauan

9. Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
195 pemberitaan
Reach: 402.981 jangkauan

10. Misbakhun
Anggota Komisi XI DPR RI
168 pemberitaan
Reach: 2,8 juta jangkauan {golkarpedia}