5 Momen Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong Murka di Piala AFF 2022

Shin Tae Yong (STY) tercatat beberapa kali menunjukkan kemarahan di Piala AFF 2022. Berikut lima kemarahan STY di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 meskipun masih memiliki beberapa kekurangan hingga menyebabkan Shin Tae Yong sempat marah.

Berikut lima kemarahan Shin Tae Yong di Piala AFF 2022:

1. Marah ke Marselino dan Spasojevic

STY sempat marah dengan Marselino Ferdinand di menit-menit akhir pertandingan Indonesia vs Kamboja.

Kemarahan STY itu disebabkan karena gelandang Persebaya itu tidak langsung bangkit dan membuang-buang waktu ketika dilanggar pemain Kamboja.

Tidak lama kemudian STY marah ke Ilija Spasojevic, tidak hanya satu kali, tapi dua kali. Di momen ini Spasojevic terlihat men-delay bola saat Indonesia membangun serangan hingga gagal membuahkan peluang.

2. Marah ke Egy

Shin Tae Yong terlihat memarahi Egy Maulana Vikri saat pertandingan Piala AFF 2022 antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia, 26 Desember lalu.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion KLFA, Malaysia, Senin (26/12) sore tersebut Timnas Indonesia menang 7-0. Meski menang besar, Shin melihat beberapa pemain tidak tampil optimal, salah satunya Egy.

Dalam suatu momen, Shin tampak meneriaki Egy. Mimiknya serius. Namun pelatih asal Korea Selatan ini membantah memarahi Egy. Ia berkilah hanya memberi instruksi permainan agar pemainnya tidak plinplan atau ragu-ragu dalam membuat keputusan, meski reaksinya terlihat keras.

3. Marah Saat Latihan
Shin Tae Yong marah melihat pemain Timnas Indonesia berjalan lambat ketika terlambat ataungaret dalam sesi latihan jelang lawan Thailand di Piala AFF 2022.

Latihan resmi prapertandingan Indonesia vs Thailand bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (28/12) sore WIB. Timnas Indonesia mendapat giliran pertama pada pukul 15.30 WIB.

Awak media mendapat kesempatan menyaksikan sesi latihan selama 15 menit. Namun rombongan pemain Timnas Indonesia baru nampak di lapangan pada pukul 15.40 WIB.

Shin Tae Yong berjalan berbarengan dengan para pemain, namun pelatih 52 tahun itu berjalan lebih cepat. Shin Tae Yong tampak tergesa-gesa ketika berjalan menuju lapangan.

Pelatih asal Korea Selatan itu tiba lebih dulu di pinggir lapangan, kemudian menengok ke arah pemain yang masih jauh berada di belakang. Shin Tae Yong kemudian berteriak memanggil pemain untuk berjalan lebih cepat.

“Hei! Ayo! Ayo! Cepat!” kata Shin Tae Yong melalui penerjemah.

4. Marah ke Polking

Shin Tae Yong terlihat melakukan kepada pelatih Thailand Alexandre ‘Mano’ Polking saat menghalangi Marselino Ferdinan yang hendak mengambil bola saat ada bola keluar milik Indonesia.

Mengenai aksi pelatih Thailand, Shin bahkan menilai Polking layak mendapat kartu. Menurutnya Polking telah melakukan tindakan yang tidak menghormati asas fair play dalam sebuah pertandingan.

“Pelatih Thailand melakukan hal yang tidak pantas dilakukan. Pelatih Thailand harusnya dapat kartu merah. Saya berpikir ini salah dan tidak fair play,” ucap Shin.

5. Marah ke Ricky Kambuaya

Shin Tae Yong menunjukkan raut kecewa setelah Ricky Kambuaya terlalu egois dengan mengabaikan Ilija Spasojevic dalam duel Filipina vs Indonesia di Piala AFF 2022, Senin (2/1).

Momen itu terjadi pada menit ke-86. Ricky Kambuaya menguasai bola saat menyerang. Kambuaya melawan satu pemain belakang Filipina.

Di sisi kiri Spasojevic berlari dalam posisi kosong tidak terjaga pemain lawan. Akan tetapi Ricky Kambuaya memilih terus menggiring bola tanpa mengoper ke Spaso.

Bola yang dipegang Kambuaya akhirnya hilang setelah ‘dicuri’ pemain lawan. Pada saat itu juga hilang salah satu peluang terbaik Indonesia guna menambah gol.

Kegagalan Kambuaya memanfaatkan peluang menjadi kekecewaan bagi pelatih Shin Tae Yong. Dalam tayangan ulang Shin Tae Yong menunjukkan raut kesal lantaran pemainnya membuang kesempatan emas.(Sumber)