Shin Tae-yong Kritik Keras Wasit Usai Timnas Indonesia Dirugikan di Piala AFF 2022

Pelatih Shin Tae-yong melontarkan kritik pedas kepada wasit di Piala AFF 2022. Ia menilai, ada beberapa keputusan wasit yang keliru dan merugikan Timnas Indonesia.

Melalui akun media sosial pribadinya, Shin Tae-yong menyorot keputusan wasit yang merugikan Indonesia di laga semifinal leg pertama melawan Vietnam. Salah satunya adalah pelanggaran yang dilakukan Vietnam di kotak penalti, namun wasit tak menunjuk titik putih.

Keputusan kontroversial tersebut merugikan timnas karena pada akhirnya skuad ‘Garuda’ gagal mencetak gol hingga laga usai. Alhasil, tugas Timnas Indonesia di leg kedua yang akan digelar di Hanoi, Vietnam, menjadi lebih berat.

”Tidak boleh usaha dari para pemain yang dibuat selama ini menjadi tenggelam karena [keputusan] wasit,” kata Shin Tae-yong, Minggu (8/1).
”Wasit dan para pemain sama-sama harus fair play. Saya berharap semoga saja tidak ada lagi kejadian-kejadian yang seperti ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Pelatih Malaysia, Kim Pan-gon, juga menilai timnya dirugikan wasit saat laga semifinal melawan Thailand. Namun, ia enggak memberikan kritik tajam.

Kendati demikian, Kim Pan-gon tetap mengaku respek kepada skuad Thailand. Ia menilai armada Alexandre Polking tampil bagus dan merupakan salah satu tim terbaik.

“Saya enggak punya uang. Kalau saya komentar, saya harus bayar,” tutur Kim Pan-gon yang diiringi tawa kecil saat konferensi pers usai laga, Sabtu (7/1), sebagaimana disiarkan kanal YouTube ‘Harimau Malaya’.

“[Thailand itu] kuat, sangat kuat. Kami tahu apa yang telah mereka capai tahun lalu [juara Piala AFF 2020]. Mereka tim bagus. Enggak mudah. Jadi, perlawanan yang bagus, para pemain kami berhasil mengatasi situasi sulit ini,” jelasnya.(Sumber)