NewsSerba Serbi

Ketika Gubernur Bengkulu Bergoyang Yo Botoi-Botoi

0
Ketika Gubernur Bengkulu Bergoyang Yo Botoi-Botoi Radar Aktual

Masyarakat provinsi Bengkulu meramaikan jalan sehat dalam launching logo dan maskot pekan olahraga wilayah (PORWIL) X se-Sumatera, di persada Bung Karno, kelurahan Anggut Atas Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu, Jumat (22/3/2019).

Usai menggelar jalan sehat yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora) Imam Nahrawi itu, ribuan masyarakat mengikuti senam kreasi Yo Botoi-Botoi, yang diinisiasi gerakan muslimah bersyar’i (GMB) Indonesia dan dewan pimpinan wilayah (DPW) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Bengkulu.

Dari pantauan di lapangan, antusias ribuan masyarakat yang mengikuti jalan sehat dan senam kreasi Yo Botoi-Botoi itu tidak hanya diikuti kaum emak-emak. Namun, generasi milenial pun tidak mau ketinggalan dalam rangkaian acara yang dihelat tersebut.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta jajaran pun ikut serta dalam senam kreasi Yo Botoi-Botoi yang dipimpin langsung instruktur diatas panggung utama. Di mana, Rohidin dengan lincahnya mengikuti secara perlahan gerakan senam kreasi Yo Botoi-Botoi.

Ketua GMB Indonesia, Alisya Fianne Janne mengatakan, senam kreasi Yo Botoi-Botoi merupakan senam kreasi buah karya kaum ibu bangsa dari Bengkulu dengan iringan lagu daerah Bengkulu, Yo Botoi-Botoi. ”Senam kreasi Yo Botoi-Botoi, tidak lain untuk mengangkat budaya Bengkulu ke kancah nasional,” kata Alisya.

GMB Indonesia dan IPEMI Bengkulu, terang Alisya, telah mengaudisi beberapa group senam kreasi Yo Botoi-Botoi di sejumlah kabupaten/kota di Bengkulu. Audisi tersebut untuk mencari group terbaik senam kreasi Yo Botoi-Botoi perwakilan dari setiap wilayah di Bengkulu.

Senam kreasi Yo Botoi-Botoi, lanjut Alisya, dapat ‘dijual’ hingga ke kancah nasional maupun internasional. Dengan berbagai cara. Seperti, mengikuti berbagai perlombaan di tingkat nasional serta mempromosikan senam kreasi Yo Botoi-Botoi melalui platform media sosial.

”Senam kreasi Yo Botoi-Botoi merupakan salah satu bentuk dukungan GMB Indonesia dan IPEMI Bengkulu, dalam menyambut #visitwonderfullBengkulu2020,” pungkas Calon Anggota DPR RI Dapil Bengkulu Nomor Urut 3.

Sebagaimana di ketahui, PORWIL X se-Sumatera akan diselenggarakan di Bengkulu, pada 3-9 November 2019. Terkait hajatan besar tersebut, Menpora Imam Nahrawi melaunching logo dan maskot PORWI, pada Jumat (22/3/2019).

Maskot yang dilaunching berupa fauna asli Bengkulu, beruang madu. Hal tersebut guna mengangkat kearifan lokal di tanah Bumi Rafflesia. ‘Dang Du’, merupakan salah satu fauna endemik di Bengkulu.

Golkar Dukung Modernisasi Alutsista TNI

Previous article

Nurul Arifin: Golkar Tak Ada Masalah Dengan PSI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *