Graham Potter Terancam Dipecat Chelsea, Digantikan Oleh Luis Enrique?

Soccer Football - Premier League - Chelsea v Crystal Palace - Stamford Bridge, London, Britain - January 15, 2023 Chelsea manager Graham Potter reacts REUTERS/Tony Obrien EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or 'live' services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club /league/player publications. Please contact your account representative for further details.

GRAHAM Potter terancam dipecat Chelsea, Luis Enrique masuk sebagai pengganti? Media asal Inggris, Caught Offside, mengatakan manajemen Chelsea mempertimbangkan memecat Graham Potter dalam waktu dekat.

Performa Chelsea di bawah asuhan Graham Potter jauh dari kata memuaskan. Ditunjuk menangani Chelsea per September 2022, Graham Potter hanya memberikan sembilan kemenangan, enam imbang dan tujuh kalah dari 22 laga memimpin Chelsea.

Graham Potter

(Graham Potter terancam dipecat Chelsea)

Akibat hasil minor di atas, Chelsea terdampar di urutan kesembilan Liga Inggris 2022-2023 dengan 30 angka. Chelsea terpaut 10 angka dari Newcastle United di posisi empat, atau batas akhir tim yang lolos ke Liga Champions 2023-2024.

Selain hancur lebur di Liga Inggris, Chelsea asuhan Graham Potter sudah rontok di babak ketiga Piala Liga Inggris dan Piala FA 2022-2023. Uniknya, tim yang menumbangkan Chelsea di kedua ajang itu adalah tim yang sama, yakni Manchester City.

Karena itu, demi mereparasi tim yang hancur lebur, manajemen Chelsea disebut Caught Offside bakal mengambil langkah tidak populer yakni memecat Graham Potter. Kemudian, posisi Graham Potter disebut bakal digantikan Luis Enrique.

Lucho –sapaan akrab Luis Enrique– bukanlah pelatih kacangan. Luis Enrique dikenal sebagai salah satu pelatih tersukses yang pernah menangani Barcelona.

Hanya dalam tiga musim (2014-2017) menangani Barcelona, Luis Enrique memberikan sembilan gelar bagi publik Estadio Camp Nou. Bahkan pada 2014-2015, Luis Enrique mengantarkan Lionel Messi dan kawan-kawan merebut treble winner!

Luis Enrique

(Luis Enrique bisa menjadi pelatih Chelsea)

Selain itu, Luis Enrique juga berhasil mengubah tim muda Timnas Spanyol menjadi tim yang berbahaya, salah satunya dengan menembus semifinal Piala Eropa 2020. Saat ini, Luis Enrique berstatus tanpa klub setelah meninggalkan Timnas Spanyol kelar Piala Dunia 2022.

Karena itu, menarik menanti kebijakan apa yang bakal diambil pemilik Chelsea, Todd Boehly. Jika dipecat, Graham Potter bakal menjadi pelatih kedua yang dipecat Todd Boehly semenjak menjadi pemilik Chelsea per 30 Mei 2022.

Sebelumnya pada September 2022, Todd Boehly memecat Thomas Tuchel dari kursi pelatih Chelsea. Padahal, Thomas Tuchel pernah membawa Chelsea juara Liga Champions 2020-2021, plus masih dalam trek yang tepat memburu gelar Liga Inggris dan Liga Champions 2022-2023.(Sumber)