News  

Aswin Yanuar Disebut Miliki Harta Ratusan Miliar, Tapi Maswindo Bikin Rugi Mitra Rp.29 Miliar

PT Maswindo Bumi Mas milik Aswin Yanuar saat ini tengah menjadi sorotan banyak orang usai dibanjiri protes di jagat media sosial. Sejumlah mitra dan klien mengaku dirugikan oleh perusahaan hingga Rp 29 miliar.

Hal ini diungkapkan oleh pengacara sekaligus kuasa hukum korban Maswindo, Sapto Dewi Trianawati. Perempuan yang akrab disapa Yana itu mengatakan, mitra-mitra Maswindo yang pertama kali melaporkan ke polisi karena merasa dirugikan.

“Saya saat itu mengajak klien-klien saya lapor di posisi 39 kepala cabang, belum ada konsumen, di 16 Desember 2022. Dengan 39 cabang itu, nominal kerugian capai Rp 29 miliar,” kata Yana, saat dihubungi detikcom, Selasa (7/2/2023).

Seiring waktu, jumlah kliennya pun bertambah menjadi kurang lebih 59 klien dengan 7 orang di antaranya merupakan konsumen Maswindo. Keluhannya pun beragam, mulai dari konsumen yang rumahnya sama sekali belum dikerjakan, mandek, hingga refund yang tak kunjung cair.

Membuat rugi mitra dan para kliennya hingga puluhan miliar, diketahui bahwa Aswin Yanuar selaku pemilik dari PT Maswindo Bumi Mas sendiri merupakan salah satu sosok crazy rich asal Surabaya yang memiliki harta hingga ratusan miliar rupiah. Hal ini terungkap dalam acara crazy rich TransTv.
Advertisement

“Kita akan mendatangkan crazy rich mudah yang memiliki total aset dan kekayaan ratusan miliar yang terkenal sering berbagi rumah dan renovasi rumah secara gratis,” jelas keterangan voice over dalam acara tersebut.

Selain itu dalam acara tersebut para host menjelaskan bahwa Aswin saat ini memiliki sekitar 500 anak perusahaan dengan 500 ribu karyawan. “Di umur yang 32 tahun ini dia sudah memiliki 500 anak perusahaan dan 500 ribu karyawan,” jelas para host.

Lebih lanjut, Bos Maswindo itu diketahui tinggal di sebuah rumah seluas 1.000 meter persegi dengan 2 lantai yang cat rumahnya dicat dengan dua lantai yang cat rumahnya dilapisi dengan emas dan kristal swarovski asli sebagai ornamen.

Adapun menurut pengakuan bos Maswindo dalam acara tersebut, rumahnya itu ditaksir mencapai Rp 8,5 miliar. “Kalau pasaran sih di atas 10 (Rp 10 miliar), cuman kita inikan sambil saya jual juga Rp 8,5 miliar,” ucap Aswin.(Sumber)