Tekno  

Ada Robot Pelayan Tamu Dengan 11 Bahasa di Pabrik Kiswah Ka’bah di Mekkah

Pengelola Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) menambah koleksi robotnya. Robot terbaru ini bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz unuk Kiswah Ka’bah Suci alias pabrik kiswah — kain hitam berlapis emas penutup Ka’bah.
Lokasi pabrik kiswah ini berdekatan dengan Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi.

Mengutip penjelasan pengelola Dua Masjid Suci, Kamis (23/2), robot yang dipakaikan jubah khas Arab Saudi warna hitam disertai emblem keemasan ini bertugas menerima pengunjung kompleks pabrik kiswah.

Pabrik ini sering menerima tamu-tamu, termasuk tamu dari Indonesia.

Robot yang bisa melayani tamu dalam 11 bahasa ini bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka’bah Suci, Makkah, Arab Saudi. Foto: gph.gov.sa

 


Robot ini bertugas melayani para tamu. Foto: gph.gov.sa

Robot itu dilengkapi kemampuan bicara menggunakan 11 bahasa tanpa henti, mengenali emosi dasar manusia, mengenali wajah, dan mampu berinteraksi suara dengan pengunjung melalui sentuhan dan gerakan tangan.

Spesifikasi teknis robot ini, yaitu: memiliki bobot 29 kg, masa pakai baterai 8 jam, waktu pengisian baterai 8 jam, dan kecepatan jalan 3 km/jam. Perangkat dapat dioperasikan tanpa henti selama terhubung ke listrik.

Robot ini bertujuan mempromosikan penggunaan teknologi yang mendukung Visi Saudi 2030.
Robot ini melengkapi robot-robot yang sebelumnya diperkenalkan pengelola Dua Masjid Suci, yaitu robot sanitizer dan robot pembagi air Zamzam.(Sumber)