News  

Jokowi: PPKM Sudah Dicabut, Kini Yang Pakai Masker Dianggap Agak Sakit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut. Namun masih banyak orang yang tetap memakai masker. Pada masa pasca-PPKM ini, mereka yang memakai masker terlihat seperti orang yang kurang sehat.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa PPKM telah dicabut di akhir 2022 yang lalu. Jadi, kalau tadi Pak Gubernur Kaltim menyampaikan yang pakai masker itu dianggap agak sakit, nggak salah, Pak Gub, nggak salah, karena PPKM memang sudah dicabut,” kata Jokowi, Kamis (23/2/2023).

Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam pengarahan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Meski begitu, memakai masker juga tidak dilarang meski PPKM sudah dicabut.

“Jadi apalagi di luar ruangan, itu sudah tidak wajib pakai masker. Tetapi di dalam ruangan kalau ada yang pakai masker juga diperbolehkan, demi kesehatan,” kata Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi menguraikan soal pengarahannya kepada pemerintah daerah seluruh Indonesia agar menggalakkan kegiatan ekonomi setelah PPKM tidak ada lagi. Acara ini dihadiri oleh para gubernur, wakil gubernur, dan sekretaris daerah seluruh Indonesia.

“Setelah PPKM dicabut, kita harapkan di 2023 ini konsumsi masyarakat, belanja masyarakat, akan mengalami kenaikan,” kata Jokowi.(Sumber)