Balap  

5 Fakta Tentang Sirkuit Mandalika Yang Jadi Arena WSBK Mandalika 2023

5 fakta Sirkuit Mandalika Arena WSBK Mandalika 2023 akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, World Superbike (WSBK) 2023 akan memasuki seri kedua yang berlangsung di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 4-5 Maret 2023.

Sirkuit Mandalika lagi-lagi masuk kalender dalam ajang balap WSBK. Tentunya seri Indonesia menjadi salah satu balapan yang paling ditunggu karena memiliki keindahan yang luar biasa.

Sebab Sirkuit Mandalika dibangun tepat di pinggir pantai, sehingga para pembalap dapat menikmati suasana pantai sambil balapan. Lantas apa lagi fakta-fakta menarik dari Sirkuit Mandalika?

Berikut 5 Fakta Sirkuit Mandalika Arena WSBK Mandalika 2023:

5. Sudah Dua Kali Jadi Tuan Rumah WSBK

Sirkuit Mandalika pertama kali masuk kalender WSBK itu pada 2021 silam. Pada 2022 para pembalap kembali tampil di WSBK Mandalika 2022.

Jadi, Sirkuit Mandalika sudah dua kali menjadi tuan rumah WSBK. Pada 4-5 Maret 2023 nanti akan menjadi ketiga kalinya Sirkuit Mandalika menggelar balapan WSBK 2023.

4. Memiliki Kapasitas Penonton yang Besar

 

Demi menampung para pencinta balap di Tanah Air dan mancanegara, Sirkuit Mandalika memiliki kapasitas penonton yang besar. Setidaknya grand seating street circuit Mandalika dapat menampung lebih dari 50.000 tempat duduk.

Belum lagi tribun berdiri (non-seated area) diperkirakan mampu menampung 138.000 orang. Selain itu ada juga Hospitality Suites yang nantinya bisa diakses para penonton MotoGP dengan kapasitas 7.700 penonton.

3. Dibangun di Lokasi Wisata

Sirkuit Mandalika

Tak hanya berada di pinggir pantai, Sirkuit Mandalika juga dibangun di lokasi wisata yang berada di Mandalika, NTB. Beberapa pantai pun siap memanjakan para penonton dan pembalap yang hadir ingin menghabiskan waktu selama berada di area Sirkuit Mandalika.

Tentunya pembangunan Sirkuit Mandalika di lokasi destinasi super prioritas itu sudah dirancang sebelumnya. Jadi, dengan digelarnya balapan seperti WSBK dan MotoGP bisa meningkatkan pariwisata Lombok.

2. Sirkuit Mandalika Dibangun dengan Produk Indonesia

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika dibangun dengan produk-produk Indonesia. Sirkuit sepanjang 4,31 km itu memiliki service road dan pit building yang pembangunannya berdasarkan produksi Indonesia.

Jadi, tak hanya produk luar negeri saja yang membuat Sirkuit Mandalika mampu menjadi sirkuit internasional.

1. Sirkuit Mandalika Berdesain Adat Indonesia

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika memiliki desain yang ada unsur Indonesianya. Menghormati kebudayaan setempat, Sirkuit Mandalika memiliki motif batik tenun sasak di sepanjang trek tersebut.

Dengan memperlihatkan corak merah-putih, area run-off atau aspal luar di tikungan ke-15 dan 16 Sirkuit Mandalika dibuat menggunakan corak Subahnale. Corak tersebut sangat familiar dengan kaum muslim memang dapat diartikan sebagai kalimat tasbih (pembersihan) dalam bahasa Sasak.(Sumber)