Liga 1 Berubah Format Kompetisi Lagi Musim Depan, Seperti Apa?

Klub-klub Liga 1 dikabarkan sudah sepakat untuk mengubah format kompetisi musim depan. Hal ini dituturkan oleh Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah berdiskusi dengan klub-klub peserta kompetisi. Ia memberikan ruang kepada para klub untuk membuat beberapa kesepakatan, termasuk terkait format kompetisi.

Menyoal format kompetisi, setidaknya ada dua opsi yang muncul. Opsi pertama adalah sistem kompetisi dengan tiga grup. Kemudian, opsi kedua adalah kompetisi Liga 1 seperti saat ini, namun penentuan gelar juara akan dilakukan dengan babak empat besar.

”Diskusi yang menarik, semua perwakilan 18 klub [Liga 1] sepakat untuk memilih opsi kedua, yaitu full kompetisi dengan adanya playoff untuk empat besar,” kata Teddy, Minggu (5/3).

”Ini adalah terobosan yang menarik yang kami apresiasi dari kepengurusan PSSI sekarang. Kita bisa melihat akan ada pertandingan menarik pada saat empat besar itu dan secara industri akan meningkatkan value dari kompetisi tersebut,” lanjutnya.

Teddy Tjahjono juga menilai positif langkah yang dilakukan Erick Thohir kepada klub-klub. Dengan adanya diskusi secara terbuka, ia berharap sepak bola Indonesia bisa menuju ke arah yang lebih baik.

”Kami sangat mengapresiasi dengan adanya sarasehan Liga 1 dan Liga 2 yang kemarin dilakukan, ini adalah sebuah terobosan yang selama ini belum pernah dilakukan pengurus PSSI sebelumnya,” ujar Teddy.

”Kami berterima kasih bisa berdiskusi secara terbuka, bisa memberi masukan. Dari Pak Ketum [PSSI] juga bisa menerima secara terbuka dan saling bertukar pikiran,” jelasnya.(Sumber)