Catut Nama Baim-Paula, Warga Kalbar Kena Tipu Belasan Juta Rupiah di TikTok

Lindriati, seorang ibu rumah tangga asal Kelurahan Pulau Pedalaman Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, menjadi korban penipuan melalui akun TikTok, Senin, 6 Maret 2023.

Kasus ini berawal saat akun TikTok yang mengatasnamakan Baim-Paula itu, mengirim pesan kepada Lindriati, bahwa mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta.

“Jadi aku TikTok itu menginformasikan, bahwa saya telah mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta,” ungkapnya kepada awak media, Selasa, 7 Maret 2023.

Setelah mendapatkan pesan tersebut, Lindriati diarahkan untuk berkomunikasi via WhatsApp oleh pelaku, yang kemudian meminta Lindriati melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk mendapatkan hadiah tersebut.

“Awalnya saya ke Alfamart, karena tidak bisa, saya pindah ke Indomaret. Oleh pelaku saya diarahkan melakukan top up yang kodenya saya berikan kepada kasir,” ujarnya.

Lindriati seolah olah terhipnotis, mau saja mengikuti arahan pelaku dan terus melakukan top up. Namun setelah beberapa kali melakukan top up, akhirnya akun WhatsApp Lindriati diblokir oleh pelaku.

“Akun saya langsung diblokir. Tanpa saya sadari, yang sudah saya kirimkan totalnya sebesar Rp 14.600.000,” tambahnya.

Saat sadar telah ditipu, Lindriati kebingungan untuk melakukan pembayaran. Kasir Indomaret pun sempat histeris, karena merasa telah teledor, dan takut disalahkan atasannya. “Saya akan bertanggungjawab, akan menggantinya, dan tidak akan lari,” pungkas Lindriati.(Sumber)