Inilah 10 Tokoh Perempuan Partai Golkar Terpopuler Bulan Februari 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Ketua Umum KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar) Airin Rachmi Diany menjadi tokoh perempuan Partai Golkar paling populer di bulan Februari 2023 berdasar hasil riset Golkarpedia dengan indikator banyaknya pemberitaan pada periode tersebut.

Tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi mantan Walikota Tangsel tersebut, terlebih Airin Rachmi Diany digadang-gadang bakal menjadi calon Gubernur Banten pada Pilkada 2024 nanti. Tentu ia secara pribadi membutuhkan publikasi bagi dirinya agar lebih dikenal oleh masyarakat Banten khususnya.

Terlepas dari hajat politik yang bakal dihadapi oleh Airin Rachmi Diany di Pilkada 2024, ia menjadi ujung tombak Partai Golkar pada bidang keperempuanan. Sebagai perempuan, bukan hal mudah menghapus stigma dan keraguan publik akan kapasitas kepemimpinannya.

Maklum saja, dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan. Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Februari 2023 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Nama Airin Rachmi Diany bercokol di urutan pertama berdasar hasil riset Golkarpedia dengan mendapatkan 265 pemberitaan di Februari 2023 dengan reach mencapai 1,04 juta jangkauan.

Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Airin Rachmi Diany di antaranya adalah, sinyal yang diberikan Airlangga Hartarto sewaktu pertemuan dengan Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB tentang indikasi Airin Rachmi Diany sebagai calon Gubernur Banten.

Lalu pemberitaan mengenai analisis banyak pengamat mengenai siapa pasangan calon Gubernur Banten pendamping Airin Rachmi Diany. Kemudian ada pula pemberitaan mengenai Airin Rachmi Diany yang dianugerahi gelar doktor dari Fakultas Ilmu Hukum, Unpad. Berita mengenai sorak sorai kader Pemuda Pancasila Banten saat Airin Rachmi Diany menghadiri acara organisasi tersebut dengan teriakan dukungan Gubernur Banten.

Di urutan kedua ada nama Bupati Serang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten, ia adalah Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu Chasanah berhasil menempati urutan nomor dua setelah mendapatkan 228 pemberitaan di bulan Februari 2023. Jangkauan pemberitaan yang dimiliki Ratu Tatu Chasanah adalah sebesar 538.991 reach.

Pemberitaan mengenai Ratu Tatu Chasanah diantaranya adalah mengenai sinergi yang dilakukan Pemkab Serang dan Kejari guna perkuat pelayanan hukum bagi masyarakat. Lalu ada pemberitaan tentang gelaran MTQ ke-53 Kabupaten Serang. Lalu ada kegiatan Ratu Tatu Chasanah yang meresmikan Rusunawa Santri Ponpes Jamiatul Ikhwan

Tempat ketiga ditempati oleh anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin. Di bulan Februari 2023 ini, Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 209 berita dan reach sebesar 1,8 juta jangkauan.

Pemberitaan yang mendapat sorotan paling besar dari Nurul Arifin adalah pandangannya terkait dengan konten negatif di media sosial yang menurutnya mengancam nilai kemanusiaan bagi generasi muda. Lalu ada pula berita tentang, penjelasan Nurul Arifin terkait calon pengganti Menpora RI, Zainudin Amali.

Tempat keempat ada nama anggota Komisi I DPR RI lainnya, Christina Aryani. Untuk periode bulan Februari 2023 Christina Aryani memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 179 berita dengan cakupan reach sebesar 1,03 juta jangkauan.

Selanjutnya, nomor lima dipegang oleh anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin. Legislator Partai Golkar dari Dapil Jabar VII yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta itu memiliki pemberitaan sebanyak 165 berita dan reach sebesar 969.370 jangkauan.

Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan berada di urutan selanjutnya, untuk periode Februari 2023 ia memiliki pemberitaan sebanyak 156 berita dan mendapat reach sebesar 145.621 jangkauan.

Tempat ketujuh diisi oleh Ketua Komisi I DPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar. Meutya Hafid pada Februari 2023 ini memiliki pemberitaan sebanyak 153 berita dengan reach mencapai 848.656 jangkauan.

Kedelapan ada nama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Periode Februari 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 136 berita dan mendapat 328.254 jangkauan.

Peringkat sembilan ada nama Ketua DPD II Partai Golkar Parepare, Erna Rasyid Taufan. Untuk Februari 2023, istri dari Walikota Parepare, Taufan Pawe ini memiliki pemberitaan sebanyak 134 berita dan reach sebesar 99.671 jangkauan.

Terakhir, peringkat sepuluh ditempati oleh Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. Untuk Februari 2023 ini, ia mendapatkan pemberitaan sebanyak 102 berita dan memiliki reach sebesar 432.936 jangkauan.

Demikianlah 10 besar tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler Februari 2023. Terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan Februari 2023.

Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Februari 2023, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Berikut daftar lengkap politisi perempuan Partai Golkar terpopuler untuk periode Februari 2023:

1. Airin Rachmi Diany
Ketua Umum KPPG
Total 265 Pemberitaan
Reach: 1,04 juta jangkauan

2. Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten/Bupati Serang
Total 228 Pemberitaan
Reach: 538.991 jangkauan

3. Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Total 209 Pemberitaan
Reach: 1,8 juta jangkauan

4. Christina Aryani
Anggota Komisi I DPR RI
Total 179 Pemberitaan
Reach: 1,03 juta jangkauan

5. Puteri Komarudin
Anggota Komisi XI DPR RI
Total 165 Pemberitaan
Reach: 969.370 jangkauan

6. Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
Total 156 Pemberitaan
Reach: 145.621 jangkauan

7. Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Total 153 Pemberitaan
Reach: 848.656 jangkauan

8. Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara
Total 136 Pemberitaan
Reach: 328.254 jangkauan

9. Erna Rasyid Taufan
Ketua DPD II Partai Golkar Parepare
Total 134 Pemberitaan
Reach: 99.671 jangkauan

10. Fadia Arafiq
Bupati Pekalongan
Total 102 Pemberitaan
Reach: 432.936 jangkauan {golkarpedia}