News  

4 Jajanan Sehat Untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan

Takjil buka puasa tidak hanya manis dan menyegarkan, tetapi juga sehat. Pasalnya momen buka puasa itu penting bagi kesehatan tubuh sehingga berikut ini 4 jajanan sehat untuk takjil buka puasa yang bisa kamu buat atau beli.

Menjaga kesehatan ketika berpuasa sangat penting. Untuk itu kamu harus tetap memilih takjil yang tepat untuk berbuka puasa. Jangan asal enak di mulut, manis atau menyegarkan saja. Supaya tidak bingung, berikut ini 4 jajanan sehat untuk takjil buka puasa yang bisa kamu beli atau buat.

1. Salad

 

Selain di bulan puasa, mengkonsumsi salad sangat bagus atau tubuh. Apalagi di bulan puasa, maka salad yang berisi aneka sayuran sangat dianjurkan untuk menikmati makan tersebut ketika berbuka puasa.

Salad dapat membantu kamu untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Kemudian kandungan sayuran yang ada di dalam salad mengandung banyak serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

2. Dim Sum

Kamu disarankan untuk menghindari makanan yang digoreng karena memiliki kandungan minyak yang tinggi, sehingga lebih baik makanan yang dikukus seperti dim sum. Walaupun kurang populer sebagai makanan buka puasa, padahal Dim Sum cenderung sehat bagi tubuh.

Selain rendah lemak, Dim Sum juga bisa cocok untuk menguatkan tulang dan juga untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku.

3. Klepon

Buat yang tidak tahu klepon, makanan tradisional ini terbuat dari kombinasi tepung ketan, tepung beras, parutan kelapa dan gula merahnya. Perpaduan bahan-bahan tersebut mampu memberikan cita rasa yang enak untuk tubuh.

Selain rasanya yang nikmat, klepon juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan seperti membantu metabolisme dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, menangkal radikal bebas dan membantu fungsi kelenjar tiroid. Jadi dia menjadi jajanan sehat yang pas untuk takjil buka puasa.

4. Bubur Kacang Hijau

Berbagai jenis kacang-kacangan dapat diolah menjadi makanan sehat untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah bubur kacang hijau.

Bukan cuma lezat, bubur kacang hijau memiliki berbagai manfaat untuk tubuh karena mengandung karbohidrat dan serat. Bubur kacang hijau dapat menyediakan energi cepat bagi tubuh setelah seharian berpuasa

Oke itu tadi 4 jajanan sehat yang bisa disantap untuk takjil buka puasa. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kamu dalam menjaga kesehatan di bulan puasa.(Sumber)