3 Pembalap Kakak Beradik Yang Tampil di Semua Kelas MotoGP 2023

SEBANYAK 3 pembalap kakak beradik yang tampil di semua kelas MotoGP 2023 akan dibahas Okezone dalam artikel ini. Dalam dunia MotoGP, hampir selalu ada pembalap kakak beradik yang meramaikan pentas balapan kuda besi itu pada setiap periodenya.

Sebut saja pada dekade 1970-an, ada rider kakak beradik Horst Kassner dan Helmut Kassner yang sama-sama tampil di lintasan Grand Prix. Selain mereka, terus bertambah rider bersaudara dari waktu ke waktu, seperti Jorge dan Raul Kissling.

Kemudian, ada Valentino Rossi dan sang adik tiri, Luca Marini, yang juga sama-sama mentas di ajang balap tersebut. Hingga pada MotoGP 2023, ada sejumlah rider kakak beradik yang masih turun balapan di kelas utama tersebut. Lantas, siapa sajakah mereka?

3. Brad Binder dan Darryn Binder

Brad Binder

Brad Binder dan Darryn Binder menjadi pasangan kakak beradik termuda yang saat ini masih aktif balapan di ajang Grand Prix. Sang kakak, Brad Binder (27 tahun) mentas di ajang Grand Prix sejak 2011 dan sang adik, Darryn Binder (25 tahun) mengaspal di Grand Prix sejak 2015.

Pada MotoGP 2022, Brad Binder dan Darryn Binder sama-sama balapan di kelas utama MotoGP. Sayangnya, pada MotoGP 2023 ini, Darryn Binder turun kelas ke Moto2 dengan membela tim Liqui Moly Husqvarna Intact GP Team.

Darryn Binder

Sementara Brad Binder, dia tetap mentas di MotoGP. Dia menjadi pembalap utama Red Bull KTM Factory Racing

2. Aleix Espargaro dan Pol Espargaro

Aleix Espargaro

Berbanding terbalik dengan pasangan Brad Binder dan Darryn Binder, Aleix Espargaro dan Pol Espargaro jadi pembalap kakak beradik paling tua di MotoGP 2023. Aleix Espargaro (33 tahun) menjalani debutnya di ajang Grand Prix pada 2004, sedangkan Pol Espargaro (31 tahun) menyusul sang kakak dua tahun kemudian.

Sejak 2014, Aleix Espargaro dan Pol Espargaro berkompetisi secara head-to-head di kelas utama MotoGP. Pada MotoGP 2023, Aleix Espargaro membela tim Aprilia Racing dan menjadi pembalap andalan timnya. Sementara itu, Pol Espargaro bergabung dengan tim GASGAS Factory Racing Tech3.

Pol Espargaro

Marc Marquez dan Alex Marquez

Marc Marquez dan Alex Marquez jadi pembalap kakak beradik pertama yang konsisten menunggangi kuda besinya di ajang Grand Prix. Marc Marquez (29 tahun) menjalani debut di Grand Prix pada 2008, sedangkan Alex Marquez (26 tahun) melakoni debutnya pada 2012.

Menariknya, Marc Marquez dan Alex Marquez menjadi pembalap kakak beradik pertama yang meraih gelar juara dunia. Tepatnya, hal itu terjadi saat Marc Marquez juara MotoGP 2014 dan Alex Marquez juara Moto3 2014.

Sejak 2020, Marquez bersaudara itu sama-sama mentas di kelas utama MotoGP dan berada dalam satu tim Repsol Honda. Pada MotoGP 2023, Marc Marquez tetap di Repsol Honda, sedangkan Alex Marquez bergabung ke tim Gresini Racing Ducati.(Sumber)