Peru Resmi Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17, FIFA Segera Cari Pengganti

Peru resmi batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Kabar ini dirilis secara resmi oleh FIFA pada Senin (3/4) malam WIB.

“FIFA dengan menyesal telah mencabut hak tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U-17 2023 setelah diskusi ekstensif antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF),” terang ofisial FIFA.

“Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, tetapi Biro Dewan FIFA sekarang akan menunjuk tuan rumah baru pada waktunya,” tambah mereka.

Penyebab Peru batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 adalah ketidakmampuan memenuhi komitmen melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen. FIFA tidak mengindikasikan adanya sanksi dan menyatakan tetap terbuka untuk menyelenggarakan kompetisi di Peru pada masa mendatang.

“Meskipun ada hubungan kerja yang sangat positif antara FIFA dan FPF, telah ditentukan bahwa sekarang tidak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan Pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen,” jelas FIFA.

“FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada FPF atas upaya mereka dan tetap terbuka untuk menyelenggarakan kompetisi di Peru di masa mendatang,” tandas mereka.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa Peru akan siap menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung Mei-Juni 2023. Namun, kabar terbaru ini seolah menegaskan bahwa hal itu tak mungkin terjadi.(Sumber)