News  

Usai Batal Tuan Rumah Piala Dunia U20, Elektabilitas Prabowo dan Anies Unggul Dari Ganjar

Penolakan terhadap Tim Israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20, membawa dampak langsung pada elektabilitas Gubernur Jawa Tengah.

Begitu dikatakan Peneliti Merdeka Institute Publik Opinion Survey (MIPOS) Yuyun Andriani saat memaparkan hasil survei bertajuk “Elektabilitas Capres dan Partai, Parca Gonjang-ganjing Pembatalan Piala DUnia U-20”, secara virtual Rabu (5/4).

Pada survei itu, dikatakan Yuyun, memang nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan capaian angka 33,6 persen. Di bawahnya, ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mulai unggul dari Ganjar.

“Tetapi, posisi kedua diambil alih Anies Baswedan dengan elektabilitas 21,5 persen, baru kemudian disusul Ganjar Pranowo 16,8 persen,” katanya.

Di bawah tiga nama itu, kata Yuyun ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (6,9 persen), Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno (4,5 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurty Yudhoyono (4,2 persen), dan Menteri BUMN Erick Thohir (4,1 persen).

Dengan elektabilitas di bawah 4 persen, ada Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

“Sementara masih ada sebanyak 2,9 persen responden mengaku belum punya pilihan,” katanya.

Survei dilakukan dengan metode telesurvey, dengan analisis media monitoring yang dilakukan pada tanggal 29 Maret s/d 3 April 2023.

Total sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis

Batas kesalahan ditetapkan 2,83 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(Sumber)