Tekno  

3 Fitur Keamanan Baru WhatsApp: Kini Ada Double Check Pindah Akun ke HP Baru

WhatsApp terus menambah fitur untuk memberi keamanan dan privasi kepada pengguna. Terbaru, WhatsApp mengumumkan kehadiran fitur Account Protect, Device Verification, dan Automatic Security Codes.

Kehadiran tiga fitur baru ini diklaim WhatsApp akan memberikan lapisan privasi secara ekstra, dan kontrol lebih besar atas pesan milik pengguna.

Account Protect
Account Protect bertugas melakukan double check ketika kita ingin memindahkan akun WA ke perangkat baru. Aplikasi akan mengecek ke HP lama untuk verifikasi pindah perangkat.

Ini berguna untuk meminimalisir pengambilalihan akun tak resmi oleh orang di selain pengguna. Ini mirip seperti yang telah Google lakukan ketika ada login di perangkat baru.

Device Verification
Fitur kedua ialah Device Verification. Di sini, WhatsApp akan mencegah sesuatu yang bersifat ilegal berjalan di balik layar gara-gara ulah malware. Hal tersebut seperti mengirim pesan yang tak diinginkan tanpa sepengetahuan kita.

Automatic Security Codes
Terakhir, ada Automatic Security Codes. Fitur ini memverifikasi koneksi pengguna dengan aman, berdasarkan proses yang disebut “Key Transparency.”

Fitur baru ini bertujuan membuat amannya perpesanan, lebih mudah diakses semua orang. User bisa memverifikasi keamanan koneksi dengan lawan bicara secara mudah.

Selain fitur baru ini, pengguna juga bisa mengaktifkan verifikasi 2 langkah (2FA) untuk mengamankan akun, serta backup end-to-end enkripsi, untuk menjaga pesan semakin aman.(Sumber)