News  

Gempar! Firli Bahuri Diisukan Bakal Ditetapkan Tersangka Usai Lebaran

Firli Bahuri mulai ketar ketir. Mendadak sowan ke Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhir pekan lalu. Firli Bahuri sudah mencium aroma tak sedap. Bakal dapat kado lebaran dari polisi. Tersangka?. Merasa terlalu banyak “dosa” yang bisa mengantarkannya ke hotel “prodeo”.

“Dosa” terbaru kasus dugaan keterlibatan Ketua KPK, Firli Bahuri dan Menteri ESDM, Arifin Tasrif dalam dugaan kebocoran dokumen hasil penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian ESDM kabarnya akan bergulir setelah lebaran.

Sebagaimana informasi yang berkembang, data yang bocor itu ditemukan di kantor Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Idris Froyoto Sihite yang juga merangkap sebagai Pelaksana Harian Dirjen Minerba. Dokumen itu diduga dari Menteri ESDM Arifin Tasrif yang konon kabarnya berasal dari Ketua KPK Firli Bahuri. Kebocoran ini disebut-sebut melibatkan Ketua KPK, Firli Bahuri dan Menteri ESDM, Arifin Tasrif.

Bocornya informasi rencana operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). OTT pun gagal total. Akibat ulah kongkalikong oknum KPK dan Kementerian ESDM.

Internal KPK bereaksi juga terhadap isu yang diduga melibatkan Ketua KPK, Firli Bahuri dan Menteri ESDM, Arifin Tasrif itu. Komisioner KPK, Nurul Ghufron bereaksi. Ia akan menindaklanjuti soal dugaan bocornya rencana OTT KPK di Kementerian ESDM.

Menurut Nurul Ghufron seperti dikutip dari beberapa media di gedung KPK, Ahad (16/4/2023) dini hari, “Ia akan memeriksa dulu apakah benar informasi itu yang mengakibatkan kegiatan yang sudah kami lakukan terhalang atau terhambat atau bahkan gagal?.”

Aroma tak sedap ini tercium oleh internal KPK dan Polri. Direktur Penyelidikan KPK yang dicopot Firli Bahuri, Brigjen Endar Priantoro telah melaporkan Firli Bahuri atas dugaan kebocoran itu ke Dewan Pengawas KPK pada 29 Maret lalu, atau dua hari sebelum ia diberhentikan.

Pencopotan Brigjen Endar Priantoro diduga kuat setelah melaporkan Firli Bahuri mendapat reaksi keras Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kapolri tak terima Brigjen Endar Priantoro dipecat. Brigjen Endar Priantoro dikembalikan lagi oleh Kapolri untuk bertugas di KPK setelah dipecat KPK.

Hubungan KPK dan Kepolisian memanas. Firli Bahuri siap-siap diproses hukum oleh Polda Metro Jaya. Apalagi Kapolda Metro Jaya saat ini, Irjen Karyoto pernah dipecat Firli Bahuri dari Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

Ada sekitar 4 (empat) laporan yang masuk ke Polda Metro Jaya terkait bocornya dokumen hasil penyelidikan yang diduga melibatkan Ketua KPK, Firli Bahuri dan Menteri ESDM Arifin Tasrif. Desas-desus menyebut akan ada tersangka dalam kasus ini.

Kuat dugaan Firli Bahuri akan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus bocornya OTT terhadap Kementerian ESDM beberapa hari lalu. Bahkan bukan kali ini saja nama Firli Bahuri diterpa isu tak sedap tentang bocornya rencana OTT KPK terhadap beberapa pihak.

Kabar mengenai dugaan kebocoran penanganan kasus dugaan korupsi hingga Operasi Tangkap Tangan (OTT) saat Firli Bahuri masih menjabat Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada 29 Maret 2019, pegawai KPK ramai-ramai membuat petisi yang isinya mengeluhkan masalah di bidang penindakan terkait kebocoran informasi saat penyelidikan. Hampir seluruh satuan tugas (Satgas) penyelidikan KPK pernah mengalami kegagalan dalam beberapa kali pelaksanaan operasi senyap.

Bila benar Firli Bahuri akan menjadi tersangka setelah lebaran. Ini prestasi kedua Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Polisi Sambo telah divonis mati oleh pengadilan dan mantan polisi Firli Bahuri terancam. Kedua mantan polisi ini disebut-sebut “kaki tangannya” seorang menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Menteri ini sangat kejam. Punya ambisi di Pilpres 2024. Namanya disorot soal kematian 894 petugas pemilu dan “diacak-acaknya” form C-1 di Pilpres 2019 yang lalu. Firli Bahuri menjadi target selanjutnya untuk memotong “kaki tangan” sang menteri?

Wallahua’lam bish-shawab
Bandung, 29 Ramadhan 1444/20 April 2023

Tarmidzi Yusuf, Kolumnis