5 Tunggal Putra Indonesia Yang Pernah Juara Badminton Asia Championship

5tunggal putra Indonesia yang pernah juara Badminton Asia Championship menarik dikulik. Sebab, catatan prestasi manis Indonesia di ajang itu baru saja bertambah pada tahun ini.

Ya, ajang Badminton Asia Championship baru saja rampung digelar pada Minggu 30 April 2023 malam WIB. Wakil terbaik dari sejumlah negara pun berhasil meraih hasil manis, termasuk dari Indonesia.

Lalu, siapa saja pebulu tangkis itu? Berikut 5 tunggal putra Indonesia yang pernah juara Badminton Asia Championship.

5. Muljadi

Salah satu tunggal putra Indonesia yang pernah juara Badminton Asia Championship adalah Muljadi. Dia meraihnya tepatnya pada gelaran Badminton Asia Championship 1969.

Muljadi sukses tampil apik di gelaran Badminton Asia Championship 1969 hingga melenggang ke final. Di partai puncak, dia dipertemukan dengan wakil Malaysia, Punch Gunalan. Muljadi pun sukses memenangkan duel itu dua gim langsung dengan skor 15-11 dan 15-3.

4. Jeffer Rosobin

Jeffer Rosobin

Kemudian, ada nama Jeffer Rosobin. Dia naik podium tertinggi di Badminton Asia Championship pada gelaran 1996.

Tunggal putra Indonesia benar-benar berjaya di Badminton Asia Championship 1996. Kala itu, ada 3 wakil yang berhasil melewat ke babak semifinal. Selain Jeffer Rosobin, ada A K Johannes dan Dwi Aryanto.

Namun, hanya Jeffer Rosobin yang bisa melesat ke final. Dia dihadapkan dengan wakil China, Luo Yigang. Penampilan apik pun sukses ditunjukkannya kala itu sehingga mampu meraih kemenangan dan membawa Indonesia berjaya.

3. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Lalu, ada nama Taufik Hidayat. Dia juga sukses membawa harum nama Indonesia dengan merebut gelar juara Asia, tak hanya sekali, tetapi 3 kali!

Tepatnya, Taufik Hidayat menjadi juara di Badminton Asia Championship pada edisi 2000, 2004, dan 2007. Pada Badminton Asia Championship 2007, dia memastikan diri menjadi juara usai mengalahkan wakil China, Chen Hong, di final dengan skor 21-18 dan 21-19.

2. Sony Dwi Kuncoro

Sony Dwi Kuncoro

Bukan hanya Taufik Hidayat, pebulu tangkis Indonesia yang sukses menjadi juara Asia sampai tiga kali. Ada juga nama Sony Dwi Kuncoro.

Tunggal putra Indonesia itu meraih kesuksesan besar di Badminton Asia Championship pada 2002, 2003, dan 2005. Pada 2003, Sony Dwi Kuncoro memastikan gelar juara usai mengalahkan rekan senegaranya, Taufik Hidayat, di final. Sementara pada 2005, Sony mengalahkan wakil Malaysia, Kuan Beng Hong, di final dengan skor 15-10 dan 15-5.

1. Anthony Sinisuka Ginting

Anthony Sinisuka Ginting

Terakhir, ada Anthony Sinisuka Ginting. Dia baru saja membawa harum nama Indonesia di pentas Badminton Asia Championship 2023.

Ginting memastikan diri jadi juara Badminton Asia Championship 2023 usai mengalahkan jagoan Singapura, Loh Kean Yew, di final dengan skor telak 21-12 dan 21-8. Aksi ciamik peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2022 itu membuat prestasi tunggal putra Indonesia di Badminton Asia Championship makin mentereng.

Anthony Ginting bakan menghentikan puasa juara tunggal putra Indonesia di Badminton Asia Championship yang sudah berlangsung 16 tahun lamanya. Terakhir kali tunggal putra Indonesia menjadi juara di Badminton Asia Championship yakni pada 2007 lewat aksi Taufik Hidayat.(Sumber)