Airlangga Hartarto Jadi Menteri Partai Golkar Terpopuler di Kabinet Indonesia Maju Periode April 2023

Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus menjabat sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi menteri dari Partai Golkar, yang paling banyak mendapat publikasi pemberitaan sepanjang bulan April 2023. Partai Golkar sendiri memiliki lima pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pertama tentunya adalah Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak awal kabinet ini terbentuk setelah sebelumnya di Kabinet Kerja, Airlangga Hartarto duduki pos jabatan sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto menjadi tulang punggung perekonomian di dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi atas kapasitas dan kapabilitasnya mengelola ekonomi Indonesia.

Kinerjanya tidak main-main, ia berhasil menstabilkan bahkan tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di saat negara lain terimbas krisis akibat dari adanya pandemi Covid-19. Untuk bulan April 2023, Airlangga Hartarto memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 7.132 berita.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Airlangga Hartarto sebagai tokoh Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan sepanjang April 2023. Figur Airlangga Hartarto bisa dikatakan sebagai Key Opinion Leader utama dari Partai Golkar. 7.132 jumlah pemberitaan yang dimiliki Airlangga Hartarto menghasilkan reach yang sangat besar yakni sebanyak 65,1 juta jangkauan.

Pemberitaan terkait Airlangga Hartarto antara lain adalah mengenai dukungan Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Projo (Pro Jokowi) yang mengapresiasi gagasan mengenai koalisi besar. Lalu pandangan berbagai analis politik mengenai gagasan koalisi besar yang menganggap sebagai ide progresif. Kemudian pertemuan Airlangga Hartarto dengan Hary Tanoesoedibjo, juga masih terkait dengan gagasan koalisi besar.

Sebagai Menko Perekonomian, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto adalah tentang optimismenya terkait pembangunan Batam yang bisa saingi Singapura. Lalu tentang wacana yang dilemparkan Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian terkait dengan reforma agraria yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar kedua yang mendapatkan publisitas pemberitaan terbesar adalah Menpora RI, Dito Ariotedjo. Pria berusia 32 tahun ini merupakan sosok baru di Kabinet Indonesia Maju. Meski ia baru dilantik pada 3 April tetapi kinerjanya langsung mendapat banyak apresiasi dan sorotan dari publik.

Pada bulan pertamanya bekerja sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI menggantikan Zainudin Amali, Dito Ariotedjo mendapatkan jumlah pemberitaan sebesar 4.593 berita dengan capaian jangkauan mencapai 48,7 juta reach.

Pemberitaan mengenai Dito Ariotedjo antara lain adalah tentang profil dirinya yang menjadi Menpora RI. Lalu pemberitaan tentang seluk beluk pelantikan dirinya sebagai Menpora RI. Tak kalah ramai adalah mengenai dukungan Dito Ariotedjo pada Tim Basket Indonesia yang akan berlaga di Sea Games Kamboja 2023.

Di posisi ketiga, terdapat nama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. Di Partai Golkar, Luhut Binsar menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Untuk April 2023, Luhut Binsar Panjaitan, mendapatkan publikasi pemberitaan sebesar 2.748 berita. Berbeda dengan Airlangga Hartarto yang konten pemberitaannya berimbang antara aktivitas di kabinet dan Partai Golkar, pemberitaan mengenai Luhut didominasi kinerjanya sebagai Menko Marves. 2.748 pemberitaan mengenai Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan tersebut menghasilkan 28,4 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Luhut Binsar diantaranya adalah pemberian tugas tambahan yang diberikan Presiden Jokowi kepadanya sebagai Ketua Pengarah Satgas Sawit. Lalu ada pula tentang permintaan China agar pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan APBN sebagai jaminan proyek ditolak mentah-mentah oleh Luhut Panjaitan.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan di posisi selanjutnya adalah Menteri Perindustrian RI (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita. Sepanjang April 2023, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut mendapatkan jumlah pemberitaan sebanyak 711 pemberitaan dan menghasilkan reach sebesar 6,4 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Agus Gumiwang Kartasasmita didominasi oleh kegiatan yang dilakukan oleh Menperin saat berada di event Hannover Messe 2023 baik terkait peluang dan hasil investasi yang didapatkan RI di forum dunia tersebut. Selanjutnya adalah mengenai kabar bahagia atas capaian PMI Manufaktur Indonesia yang mencapai di atas 50 poin pada April 2023.

Kelima ada nama Jerry Sambuaga, yang menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI. Ketua Umum DPP AMPI ini pada April 2023 mendapat 453 pemberitaan. Pemberitaan yang dihasilkan oleh Jerry Sambuaga mencatatkan reach sebesar 3,8 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Jerry Sambuaga di antaranya adalah tentang kegiatan blusukannya ke berbagai pasar tradisional di Solo menjelang Idul FItri guna memastikan stok barang dan lonjakan harga yang terjadi. Lalu kegiatan Wamendag Jerry Sambuaga yang melakukan penggerebekan pabrik oli ilegal dan palsu Tangerang, Banten.

Demikianlah 5 menteri dari Partai Golkar yang berkarya di Kabinet Indonesia Maju. Daftar ini bisa berubah pada bulan-bulan berikutnya, tergantung bagaimana kinerja para menteri disorot oleh media pemberitaan. Selamat untuk Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi yang terpopuler untuk bulan April 2023. Semoga Airlangga Hartarto semakin dikenal oleh publik dan kinerjanya dirasakan oleh khalayak rakyat Indonesia.

5 Menteri Partai Golkar Terpopuler di Kabinet Indonesia Maju Berdasarkan Kuantitas Pemberitaan Periode April 2023:

1. Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian RI
Total: 7.132 Pemberitaan
Reach: 65,1 juta jangkauan

2. Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga RI
Total: 4593 Pemberitaan
Reach: 48,7 juta jangkauan

3. Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marves RI
Total: 2.748 Pemberitaan
Reach: 28,4 juta jangkauan

4. Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian RI
Total: 711 Pemberitaan
Reach: 6,4 juta jangkauan

5. Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan RI
Total: 453 Pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan {golkarpedia}