Fathur Rahman Cetak Brace, Timnas U22 Tekuk Timor Leste 3-0 di SEA Games 2023

Timnas U-22 berhadapan melawan Timor Leste di lanjutan Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5). Hasilnya, ‘Garuda Muda’ menang dengan skor 3-0 dan kini mengoleksi 9 poin di puncak klasemen.

Secara matematis, Indonesia sudah lolos ke semifinal dan berpeluang jadi juara grup karena selisih gol sudah sulit dikejar Myanmar yang juga masih berpeluang meraih 9 poin.

Sejauh ini, Indonesia sudah mencetak 11 gol dan belum kebobolan, Myanmar baru mencetak 1 gol dan 5 kali kebobolan. Di sisi lain, Kamboja masih berpotensi meraih poin maksimal 10. Myanmar akan melawan Kamboja hari ini pada pukul 19:00 WIB.

Starting XI Timnas U-22 di laga ini diisi oleh Muhammad Adisatryo, Rizky Ridho, Ilham Rio Fahmi, Komang Teguh, Ananda Raehan Alif, Marselino Ferdinand, Witan Sulaeman, Muhammad Ramadhan Sananta, Pratama Arhan, Fajar Fathur Rahman dan Alfeandra Dewangga.

Sementara, Timor Leste memainkan Alexandro Da Silva, Jhon Frith, Orcelio Moreira Da Silva, Anizo Correia, Moniz Fernandes, Mouzinho De Lima, Zenivio Gustavo Mota, Olegar Malik Xavier, Joao Bosco, Luis Pereira, dan Ricardo Rorinho sebagai starter.

Timnas U-22 berusaha untuk tampil menyerang sejak awal pertandingan. Di sisi lain, Timor Leste juga cukup apik dalam bertahan, dan beberapa kali mencoba melancarkan serangan balik cepat.

Indonesia punya dua peluang emas di menit 27 dan 30. Pertama, saat tembakan free kick keras Alfeandra Dewangga membentur mistar gawang. Kemudian, tiga menit berselang Ramadhan Sananta berada dalam posisi bebas di depan gawang, namun tembakannya melenceng dari sasaran.

Ramadhan Sananta akhirnya membuka keunggulan pada menit. Ia berhasil memenangi duel udara usai menerima crossing dari sisi kiri. Sananta lantas menanduk bola masuk ke gawang. 1-0 Timnas U-22 unggul hingga turun minum.

Di babak kedua, Timnas U-22 tak mengendurkan serangan. Pada menit 62, Fajar Fathur Rahman mencetak gol yang diawali dari serangan cepat. Fajar kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang tak mampu dibendung kiper.

Fajar Fathur Rahman mencetak gol keduanya dan membawa Indonesia unggul 3-0 pada menit 75. Ia melakukan tembakan dari jarak dekat dan mengenai tiang. Kemelut di depan gawang kemudian berhasil ia manfaatkan dengan baik.

Tak ada lagi gol tercipta hingga wasit meniup peluit panjang. Timnas U-22 meraih poin penuh atas Timor Leste di pertandingan Grup A SEA Games 2023.(Sumber)