AMPI Jadi Ormas dan Sayap Partai Golkar Terpopuler April 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia

Organisasi sayap bagi sebuah partai adalah penyempurna gerakan politik. Jika sebuah partai politik adalah badan, maka organisasi sayap adalah institusi yang bisa membawa partai untuk bisa terbang. Organisasi sayap biasanya digunakan partai politik untuk meraup suara sektoral dan segmentatif yang tidak terjamah organisasi utama.

Kelompok sektoral dan segmentatif yang dimaksud misalnya adalah para pemuda, perempuan, kelompok kerja seperti buruh, ASN, petani, kelompok agama tertentu dan lain-lain. Dengan menggunakan organisasi sayap, gerakan sebuah partai politik untuk menggaet mereka baik sebagai kader ataupun simpatisan akan semakin mudah. Bisa dimaknai bahwa organisasi sayap dapat difungsikan sebagai laboratorium kader.

Partai Golkar pun menggunakan skema organisasi sayap ini untuk menjalankan agenda politiknya. Ada 11 organisasi sayap termasuk 3 hasta karya (organisasi pendiri) yang menjadi bagian penting dari gerakan politik Partai Golkar.

Kesebelas organisasi tersebut adalah, Kosgoro 1957, Ormas MKGR, SOKSI, AMPI, AMPG, KPPG, IIPG, Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama, Himpunan Wanita Karya, dan MDI. Berdasarkan karakter masing-masing organisasi, ada beberapa perbedaan dan kesamaan di antara organisasi ini. Semisal AMPG dan AMPI memiliki karakteristik yang serupa dalam hal organisasi sayap yang dikhususkan kepada kelompok pemuda.

KPPG, IIPG dan Himpunan Wanita Karya pun memiliki peran dalam segmentasi laboratorium kader kaum perempuan. Sementara Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama dan MDI juga memiliki persamaan pada peran mengorganisir kelompok keagamaan dari agama Islam.

Perbedaannya ada pada detail fungsi masing-masing organisasi. Yang jelas, keberadaan mereka sebagai organisasi sayap Partai Golkar tidak saling tumpang tindih. Mereka ada untuk saling melengkapi dan menyempurnakan gerakan politik Partai Golkar.

Keberadaan masing-masing organisasi sayap Partai Golkar ini juga patut ditelisik. Popularitas menjadi ukuran kami untuk menelisik eksistensi gerakan politik masing-masing organisasi sayap Partai Golkar. Indikator yang kami gunakan untuk mengukur eksistensi organisasi sayap Partai Golkar adalah pemberitaan. Kami juga menyematkan kata populer untuk organisasi sayap yang paling banyak menghasilkan pemberitaan.

Untuk di peringkat pertama, ada organisasi kepemudaan Partai Golkar, AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) yang paling banyak diberitakan sepanjang bulan April 2023. AMPI menggeser dominasi AMPG yang dalam dua bulan sebelumnya selalu bertengger di posisi satu. Jumlah pemberitaan terkait AMPI adalah sebanyak 295 berita dengan reach sebesar 1,17 juta jangkauan.

Pemberitaan terkait organisasi yang dipimpin Wamendag Jerry Sambuaga ini didominasi oleh berita mengenai santunan organisasi AMPI pusat dan daerah di sepanjang bulan Ramadhan, terakhir DPP AMPI mengadakan santunan untuk 3 panti di Jakarta dan sekitarnya. Ketiga panti tersebut adalah Panti Asuhan Aisyiyah Kalipasir-Menteng, Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang, dan Panti Asuhan Yatim Siti Khadijah Alkubro Lenteng Agung.

Pemberitaan mengenai AMPI sedikit banyak juga terangkat ketika Menpora Dito Ariotedjo duduk sebagai menteri. Sebagai mantan Ketua Umum AMPI, keberadaannya lekat dengan organisasi ini. Setiap kali mengeluarkan pemberitaan, nama AMPI turut terseret oleh masifnya pemberitaan Dito Ariotedjo.

Peringkat kedua tergeser dari posisi satu bulan lalu ada AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar). Untuk bulan April 2023, AMPG menghasilkan 207 pemberitaan. Pemberitaan sebanyak itu bagi AMPG menghasilkan reach sebesar 712.036 jangkauan.

Pemberitaan mengenai AMPG didominasi oleh kabar mengenai kegiatan Ketua Umum AMPG Ilham Permana yang mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menyambangi Agus Harimurti Yudhoyono di Cikeas. Dari daerah ada pula pemberitaan tentang pandangan Sekretaris AMPG Sultra, Ramadhan Feni agar Partai Golkar tak didikte oleh kekuasaan.

Di tempat ketiga, ada organisasi hasta karya, organisasi yang mendirikan Partai Golkar, SOKSI. Untuk April 2023, SOKSI menghasilkan 147 pemberitaan dengan reach sebesar 390.787 jangkauan. Pemberitaan mengenai SOKSI agaknya banyak menunggangi pemberitaan para tokohnya seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Waketum Depinas SOKSI.

Salah satu pemberitaan populer mengenai SOKSI adalah pernyataan Bamsoet agar SOKSI turut membantu pemerintah dalam memperkuat perekonomian negara. Berita lainnya adalah pernyataan Sekjen SOKSI Misbakhun yang begitu reaktif mendukung pencalonan Ganjar Pranowo ketika Gubernur Jateng itu dideklarasikan sebagai Capres oleh PDIP.

Urutan keempat ada organisasi sayap Partai Golkar yang khusus sebagai laboratorium kader kelompok perempuan, KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar). Organisasi yang digawangi oleh Airin Rachmi Diany ini memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 129 berita untuk periode April 2023. Reach yang dicapai oleh pemberitaan KPPG adalah sebesar 290.120 jangkauan.

Tempat terakhir atau di posisi kelima ada organisasi hasta karya lainnya, Kosgoro 1957. Organisasi yang dipimpin Dave Akbarshah Laksono ini pada April 2023 memiliki kuantitas pemberitaan sebanyak 115 berita dengan capaian reach sebesar 1,18 jangkauan.

Organisasi sayap lainnya untuk bulan April 2023 ini memiliki pencapaian pemberitaan yang lebih rendah dibanding 5 organisasi sayap Partai Golkar teratas yang telah kami bahas sebelumnya. Semoga dengan pengukuran intensitas pemberitaan bulanan ini, masing-masing organisasi sayap bisa lebih mengintensifkan lagi pemberitaan.

Berikut Daftar 5 Ormas Dan Sayap Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode April 2023:

1. AMPI
Ketua Umum: Jerry Sambuaga
Total: 295 Pemberitaan
Reach: 1,17 juta jangkauan

2. AMPG
Ketua Umum: Ilham Permana
Total: 207 Pemberitaan
Reach: 712.036 jangkauan

3. SOKSI
Ketua Umum: Ahmadi Noor Supit
Total: 147 Pemberitaan
Reach: 390.787 jangkauan

4. KPPG
Ketua Umum: Airin Rachmi Diany
Total: 129 Pemberitaan
Reach: 290.120 jangkauan

5. Kosgoro 1957
Ketua Umum: Dave Laksono
Total: 115 Pemberitaan
Reach: 1,18 juta jangkauan {golkarpedia}