News  

Iwan Sumule: Kekhawatiran Ibu Megawati pada Polri Terlalu Berlebihan

Kekhawatiran Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dinilai berlebihan. Ini lantaran Polri di bawah pimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah berbenah dengan baik.

Begitu tegas Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule menanggapi pernyataan Megawati saat acara peluncuran buku dalam rangka hari jadi Lemhannas RI tahun 2023.

Dalam sambutannya, Megawati khawatir banyak anggota Polri seperti mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo yang membunuh anak buahnya sendiri.

“Kekhawatiran Ibu Megawati agak berlebihan dan mungkin tidak diberi data benar,” ujar Iwan Sumule kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (21/5).

Iwan Sumule menjelaskan bahwa sejak kasus Sambo terjadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus melakukan pembenahan. Kinerja institusi Polri ditingkatkan dan lebih dekat dengan rakyat.

Progres itu bisa dilihat dari beragam hasil survei yang kompak menyebut pembenahan dan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri meningkat. Teranyar, kinerja Polri dalam memastikan arus mudik lebaran lancar disukai oleh rakyat.

“Pasca kasus Sambo, Kapolri terus berupaya dalam meningkatkan kinerja institusi kepolisian dan hasil survei juga menunjukkan meningkatnya tingkat kepercayaan publik,” tegas Iwan Sumule.(Sumber)