PT LIB Siapkan 60 Wasit dan Asisten VAR untuk Liga 1 Musim Depan

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mulai mempersiapkan penerapan VAR untuk Liga 1 musim depan. Salah satu rencana yang akan dijalankan adalah mempersiapkan wasit dan asisten wasit agar bisa bekerja dengan VAR.

Ferry Paulus selaku Direktur Utama PT LIB juga mengapresiasi langkah PSSI untuk menerapkan VAR di Liga 1. Oleh karena itu, PT LIB akan memproses pelatihan wasit untuk lisensi VAR.

”Menjadi sinergi yang positif dan harmonis antara PT LIB dengan PSSI. Terobosan inovatif dari PSSI di bawah Erick Thohir dalam Referee Development harus kami imbangi dengan akselerasi program sesuai proporsi kami,” kata Ferry Paulus di laman resmi PT LIB, Jumat (26/5).

”Proses pelatihan wasit untuk lisensi VAR, paling cepat bisa dilakukan dalam 6 hingga 7 bulan. Semoga itu bisa tercapai dengan baik, tentunya kami mengedepankan aspek kualitas, sehingga untuk tahap awal ini, Komite Wasit bisa menyiapkan 30 wasit VAR, 30 Asisten VAR dan 27 Replay Operator,” lanjutnya.

Ferry juga optimistis VAR bisa segera diterapkan di Liga 1 2022/23. Paling tidak, di putaran kedua yang akan bergulir pada 2024.

”Tentu kami juga harus menyiapkan strategi pendanaannya, dan harapannya kita bisa jalankan dengan lancar, dan ada akselerasi hingga rencana VAR mulai diterapkan pada awal tahun 2024, yang sudah masuk putaran kedua Liga 1 2023/24,” ujar Ferry.

Di lain pihak, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga sudah melakukan langkah konkret soal rencana penerapan VAR. Ia sudah bersurat ke FIFA.

”Bismillah, hari ini kami telah berkirim surat kepada FIFA terkait rencana untuk kembali melanjutkan proses penerapan VAR di Indonesia,” kata Erick Thohir, Kamis (25/5).

”Sesuai dengan panduan dari FIFA, kami melampirkan pula beberapa tahapan awal yang harus dipenuhi seperti membentuk VAR Project Team, menetapkan timeline program, kepastian sumber pendanaan dan provider teknologi yang dipilih,” tandasnya.(Sumber)