Max Verstappen Menang Lagi di F1 GP Monaco 2023, Fernando Alonso Kedua

Formula One F1 - Monaco Grand Prix - Circuit de Monaco, Monte Carlo, Monaco - May 28, 2023 Red Bull's Max Verstappen celebrates on the podium after winning the Monaco Grand Prix REUTERS/Stephane Mahe

HASIL race F1 GP Monaco 2023 akan dibahas di sini. Max Verstappen sukses merebut kemenangan keempatnya di musim ini setelah hujan kacaukan balapan selama 78 lap di Sirkuit Jalan Raya Monako, Minggu (28/5/2023) malam WIB.

Fernando Alonso finis kedua dengan ketertinggalan 27,921 detik dari Max Verstappen. Sementara itu, Esteban Ocon finis ketiga setelah memenangkan duel sengit kontra duo Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell.

Jalannya Balapan

Verstappen start dari posisi terdepan setelah merebut pole position. Juara dunia dua kali itu pun langsung meninggalkan Fernando Alonso, Esteban Ocon, Carlos Sainz, Lewis Hamilton dan Charles Leclerc.

Tak lama setelah balapan dimulai, Lance Stroll mengalami insiden dengan Nico Hulkenberg. Alhasil, mobilnya mengalami beberapa kerusakan meski masih bisa terus melaju.

Posisi enam besar belum berubah setelah memasuki lap ketujuh. Verstappen pun masih nyaman di depan Alonso dan Ocon. Kemudian, Sainz, Hamilton, Leclerc menempati posisi keempat hingga keenam.

Di lap ke-21, Verstappen makin menjauh dari kejaran Alonso dengan selisih 8,4 detik. Dia masih memimpin 9,3 detik di depan Alonso ketika beberapa pembalap mulai melakukan pergantian pada lap ke-37.

Sepuluh lap kemudian, sang juara bertahan masih juga tak bisa dikejar oleh Alonso yang terus berusaha mendekatinya. Kemudian, di belakang mereka ada Pierre Gasly, George Russel, Ocon, Sainz, Hamilton dan Leclerc.

Hujan yang turun pada lap ke-53 mengacaukan balapan di Monako. Para pembalap pun masuk ke pit lagi untuk kembali mengganti ban mereka demi menyesuaikan dengan trek basah.

Meski begitu, Verstappen dan Alonso masih terus berada di posisi dua terdepan pada lap 60. Sementara pembalap yang ada di tempat ketiga dan seterusnya berada sangat jauh di belakang mereka, yakni Ocon, Hamilton, Russel dan Leclerc.

erebutan tempat ketiga berlangsung sengit pada lap ke-68 antara Ocon, Hamilton, dan Russell. Aksi salip pun terjadi di antara ketiganya.

Kemudian, hingga balapan selesai, Verstappen masih terus berada di depan dan sukses keluar sebagai pemenang. Dia finis hampir 28 detik di depan Alonso.

Balapan seru untuk podium ketiga diakhiri dengan kemenangan Ocon di depan Hamilton dan Russell. Sedangkan duo Ferrari harus puas finis keenam dan kedelapan, mengapit Pierre Gasly.

Hasil Race F1 GP Monaco 2023

1 Max Verstappen NED Oracle Red Bull Racing 78 Laps

2 Fernando Alonso ESP Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 27.921s

3 Esteban Ocon FRA BWT Alpine F1 Team + 36.990s

4 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas F1 Team + 39.062s

5 George Russell GBR Mercedes AMG Petronas F1 Team + 56.284s

6 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari + 61.890s

7 Pierre Gasly FRA BWT Alpine F1 Team + 62.362s

8 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari + 63.391s

9 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 1 Lap

10 Oscar Piastri AUS McLaren F1 Team + 1 Lap

11 Valtteri Bottas FIN Alfa Romeo F1 Team Stake + 1 Lap

12 Nyck de Vries NED Scuderia AlphaTauri + 1 Lap

13 Zhou Guanyu CHN Alfa Romeo F1 Team Stake + 1 Lap

14 Alex Albon THA Williams Racing + 1 Lap

15 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri + 2 Laps

16 Sergio Perez MEX Oracle Red Bull Racing + 2 Laps

17 Nico Hulkenberg GER MoneyGram Haas F1 Team + 2 Laps

18 Logan Sargeant USA Williams Racing + 2 Laps

19 Kevin Magnussen DEN MoneyGram Haas F1 Team + 8 Laps

Lance Stroll CAN Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team DNF

(Sumber)