Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo Jadi Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler Mei 2023

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Mei 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode Mei 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 1.476 berita. Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh usulan pemberian gelar pahlawan nasional oleh Ketua MPR RI Bamsoet kepada Prof. DR. Mochtar Kusumaatmadja, lalu ada pula kehadiran Bamsoet pada konser 51 tahun musisi Ahmad Dhani.

Tak kalah populer adalah pemberitaan Bamsoet mengenai pernyataan Bamsoet soal sikap Partai Golkar yang sudah bulat mengusung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sebagai Capres. Reach atau jangkauan pemberitaan terkait Bamsoet adalah sebesar 6,9 juta jangkauan.

Posisi kedua ada nama Ace Hasan Syadzily, ia menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI. Komisi VIII DPR adalah komisi yang membidangi persoalan dengan lingkup tugas agama, sosial dan pemberdayaan perempuan. Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi VIII DPR RI.

Pada periode Mei 2023, Ace Hasan Syadzily memiliki pemberitaan sebanyak 556 berita. Jangkauan yang dicapai dari berita Ace Hasan Syadzily adalah sebesar 4,2 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai figur Ace Hasan Syadzily antara lain adalah tentang penambahan kuota jamaah haji yang diharapkan bisa untuk para Lansia. Kemudian tentang kegiatan Ace Hasan Syadzily sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI saat melepas keberangkatan jemaah haji kloter 1.

Sebagai Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily juga seringkali tercatat menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menjadikan Partai Golkar sebagai partai dengan tingkat keterkenalan tertinggi. Ace Hasan juga tercatat memiliki pemberitaan populer atas pernyataannya yang mengucapkan terimakasih kepada PAN yang telah memunculkan nama Airlangga Hartarto sebagai calon presiden.

Di posisi ketiga, ada nama Ahmad Doli Kurnia yang menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR RI. Komisi II DPR RI sendiri membidangi persoalan Dalam Negeri, Sekretariat Negara dan Pemilu. Menjelang Pemilu 2024, sepertinya sorotan terhadap Ahmad Doli Kurnia semakin kuat apalagi dengan wacana perubahan sistem Pemilu.

Untuk Mei 2023, Ahmad Doli Kurnia memiliki 496 pemberitaan dengan capaian reach sebesar 4,1 juta jangkauan. Pemberitaan tentang Ahmad Doli Kurnia di antaranya adalah pernyataannya menanggapi wacana duet Partai Golkar dengan PAN yang memajukan Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan sebagai Capres dan Cawapres.

Lalu pemberitaan mengenai Ahmad Doli Kurnia lainnya adalah tentang isu bakal diputuskannya sistem Pemilu proporsional tertutup oleh MK hingga Fraksi Partai Golkar DPR RI yang menggalang kekuatan 8 Fraksi DPR RI lainnya untuk bersuara menolak wacana sistem Pemilu tertutup.

Selanjutnya urutan keempat ada nama Hetifah Sjaifudian, ia duduk di Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi urusan olahraga, pendidikan, riset dan kepariwisataan. Hetifah Sjaifudian memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 144 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 623.325 jangkauan.

Posisi kelima diduduki legislator cantik, Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. Komisi I DPR membidangi persoalan Pertahanan. Luar Negeri. Komunikasi dan Informatika. Untuk periode bulan Mei 2023, Meutya Hafid memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 150 berita dengan jangkauan reach sebesar 416.582 jangkauan.

Firman Soebagyo, anggota DPR RI Komisi IV yang membidangi lingkup tugas di bidang pertanian, pangan dan maritim berada di urutan selanjutnya. Di Mei 2023, Firman Soebagyo memiliki pemberitaan sebanyak 149 berita dengan reach sebesar 972.454 jangkauan.

Sekjen DPP Partai Golkar sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F. Paulus berada di urutan ketujuh. Ia memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 144 berita sepanjang Mei 2023. Reach yang dicapai oleh Lodewijk F. Paulus pun cukup besar, yakni 1,06 juta jangkauan.

Di nomor delapan ada mantan pesohor yang kini duduk sebagai anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin. Pada periode Mei 2023, Nurul Arifin memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 137 berita dengan capaian reach sebesar 979.245 jangkauan.

Nomor sembilan ada nama anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan. Komisi V DPR RI membidangi persoalan infrastruktur dan perhubungan. Sepanjang Mei 2023, Cen Sui Lan memiliki pemberitaan sebanyak 119 berita dengan reach sebesar 161.743 jangkauan.

Menyusul Cen Sui Lan, Christina Aryani, srikandi Partai Golkar yang duduk di Komisi I DPR RI menjadi anggota DPR RI nomor 10 yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak sepanjang Mei 2023. Christina Aryani sepanjang Mei 2023 memiliki 108 berita. Untuk reach yang dicapai oleh Christina Aryani adalah sebesar 760.639 jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

10 Anggota DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Mei 2023, Berikut daftar lengkapnya:

1. Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Total: 1.476 Pemberitaan
Reach: 10,5 juta jangkauan

2. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Total: 556 Pemberitaan
Reach: 4,2 juta jangkauan

3. Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI
Total: 496 Pemberitaan
Reach: 4,1 juta jangkauan

4. Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Total: 164 Pemberitaan
Reach: 623.325 jangkauan

5. Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Total: 150 Pemberitaan
Reach: 416.582 jangkauan

6. Firman Soebagyo
Anggota Komisi IV DPR RI
Total: 149 Pemberitaan
Reach: 972.454 jangkauan

7. Lodewijk Paulus
Wakil Ketua DPR RI
Total: 144 Pemberitaan
Reach: 1,06 juta jangkauan

8. Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 137 Pemberitaan
Reach: 979.245 jangkauan

9. Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
Total: 119 Pemberitaan
Reach: 161.743

10. Christina Aryani
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 108 Pemberitaan
Reach: 760.639 jangkauan {golkarpedia}