News  

Airlangga Hartarto Jadi Menteri Partai Golkar Terpopuler Periode Mei 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia

Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus menjabat sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi menteri dari Partai Golkar, yang paling banyak mendapat publikasi pemberitaan sepanjang bulan Mei 2023. Partai Golkar sendiri memiliki lima pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pertama tentunya adalah Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak awal kabinet ini terbentuk setelah sebelumnya di Kabinet Kerja, Airlangga Hartarto duduki pos jabatan sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto menjadi tulang punggung perekonomian di dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi atas kapasitas dan kapabilitasnya mengelola ekonomi Indonesia.

Kinerjanya tidak main-main, ia berhasil menstabilkan bahkan tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di saat negara lain terimbas krisis akibat dari adanya pandemi Covid-19. Untuk bulan Mei 2023, Airlangga Hartarto memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 5.581 berita.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Airlangga Hartarto sebagai tokoh Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan sepanjang Mei 2023. Figur Airlangga Hartarto bisa dikatakan sebagai Key Opinion Leader utama dari Partai Golkar. 5.581 jumlah pemberitaan yang dimiliki Airlangga Hartarto menghasilkan reach yang sangat besar yakni sebanyak 50,6 juta jangkauan. Untuk tone atau sentimen yang terbentuk pun cukup bagus, yakni 81,6% positif dan 18,4% negatif. 

Pemberitaan terkait Airlangga Hartarto antara lain adalah wacana duet Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 yang menjadi perhatian publik dan banyak didengungkan oleh berbagai media sepanjang Mei 2023. Lalu ada pula wacana membentuk poros keempat antara Partai Golkar dan PAN. Serta pemberitaan seputar figur Airlangga Hartarto yang disebut sebagai Cawapres paling potensial oleh lembaga survei. 

Sebagai Menko Perekonomian, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto adalah tentang kabar perlawanan yang dilakukan Airlangga Hartarto dalam menghadapi diskriminasi Uni Eropa pada sengketa perdagangan sawit dan hilirisasi industri. Kemudian dalam konferensi IPEF, pernyataan Airlangga Hartarto juga banyak dicatat terkait dengan komitmen RI dalam penerapan teknologi tinggi ekonomi bersih.  

Di posisi kedua, terdapat nama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. Di Partai Golkar, Luhut Binsar menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Untuk Mei 2023, Luhut Binsar Panjaitan, mendapatkan publikasi pemberitaan sebesar 2.988 berita. Berbeda dengan Airlangga Hartarto yang konten pemberitaannya berimbang antara aktivitas di kabinet dan Partai Golkar, pemberitaan mengenai Luhut didominasi kinerjanya sebagai Menko Marves. 

2.988 pemberitaan mengenai Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan tersebut menghasilkan 26,8 juta jangkauan. Sayangnya, untuk Mei 2023 Luhut Panjaitan mencetak tone negatif atas persepsi pemberitaan mengenai dirinya, dengan ukuran 31,9% positif dan 68,1% negatif. 

Pemberitaan mengenai Luhut Binsar diantaranya adalah kunjungan kerja yang dilakukan Menko Marves Luhut Panjaitan ke China hingga mendapat sorotan sebagai salesman demi mendatangkan investasi untuk RI. Ada pula pemberitaan mengenai kasus hukum yang sedang dijalani Haris Azhar dan Fatia yang juga melibatkan Luhut sebagai penggugat. Tak kalah banyak adalah pemberitaan Luhut Panjaitan dan pernyataannya mengenai rencana impor kereta bekas dari Jepang. 

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar ketiga yang mendapatkan publisitas pemberitaan terbesar adalah Menpora RI, Dito Ariotedjo. Pria berusia 32 tahun ini merupakan sosok baru di Kabinet Indonesia Maju. Meski ia baru dilantik pada 3 April tetapi kinerjanya langsung mendapat banyak apresiasi dan sorotan dari publik.

Pada bulan keduanya bekerja sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI menggantikan Zainudin Amali, Dito Ariotedjo mendapatkan jumlah pemberitaan sebesar 1.715 berita dengan capaian jangkauan mencapai 13,2 juta reach. Sedangkan untuk sentimen yang terbentuk tone positif bagi Dito Ariotedjo tampak mendominasi, besarannya adalah 95,6% positif dan 4,4% negatif. 

Pemberitaan mengenai Dito Ariotedjo antara lain adalah tentang kesuksesan Dito Ariotedjo membawa raihan medali terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Sea Games. Selain itu, raihan medali emas Cabor Sepakbola membuat nama Dito Ariotedjo melambung. Lalu ada pula kegiatan Dito Ariotedjo sebagai Menpora RI yang melepas kontingen Indonesia untuk Asean Para Games. 

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan di posisi selanjutnya adalah Menteri Perindustrian RI (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sepanjang Mei 2023, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut mendapatkan jumlah pemberitaan sebanyak 455 pemberitaan dan menghasilkan reach sebesar 4,45 juta jangkauan. Hanya saja, sentimen yang terbangun atas diri Menperin pada Mei 2023 didominasi tone yang negatif dengan raihan 27,8% negatif dan 72,2% positif. 

Pemberitaan mengenai Agus Gumiwang Kartasasmita didominasi oleh persoalan impor KRL yang masih menjadi polemik antara pemerintah dan DPR RI. Lalu yang tak kalah banyak juga mengenai perkembangan kendaraan listrik, baik mobil ataupun motor yang diminati oleh masyarakat. 

Kelima ada nama Jerry Sambuaga, yang menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI. Ketua Umum DPP AMPI ini pada Mei 2023 mendapat 455 pemberitaan. Pemberitaan yang dihasilkan oleh Jerry Sambuaga mencatatkan reach sebesar 3,1 juta jangkauan. Untuk sentimen yang terbentuk, Jerry Sambuaga mencatatkan 66,7% positif dan 33,3% negatif. 

Pemberitaan mengenai Jerry Sambuaga di antaranya adalah tentang update kenaikan harga bahan pokok terutama komoditas telur yang disampaikan oleh Wamendag Jerry Sambuaga. Lalu ada berita mengenai capaian prestasi yang dimiliki oleh Jerry Sambuaga selama menjadi Wamendag RI. 

Demikianlah 5 menteri dari Partai Golkar yang berkarya di Kabinet Indonesia Maju. Daftar ini bisa berubah pada bulan-bulan berikutnya, tergantung bagaimana kinerja para menteri disorot oleh media pemberitaan. Selamat untuk Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi yang terpopuler untuk bulan Mei 2023. Semoga Airlangga Hartarto semakin dikenal oleh publik dan kinerjanya dirasakan oleh khalayak rakyat Indonesia.

5 Menteri Partai Golkar Terpopuler di Kabinet Indonesia Maju Berdasarkan Kuantitas Pemberitaan Periode Mei 2023:

  1. Airlangga Hartarto

Menko Perekonomian RI

Total: 5.581 Pemberitaan

Reach: 50,6 juta jangkauan

Tone: 81,6% positif, 18,4% negatif

 

  1. Luhut Binsar Panjaitan

Menko Marves RI

Total: 2.988 Pemberitaan

Reach: 26,8 juta jangkauan

Tone: 31,9% positif, 68,1% negatif

 

  1. Dito Ariotedjo

Menteri Pemuda dan Olahraga RI

Total: 1.715 Pemberitaan

Reach: 13,2 juta jangkauan

Tone: 95,6% positif, 4,4% negatif

 

  1. Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Perindustrian RI

Total: 455 Pemberitaan

Reach: 4,45 juta jangkauan

Tone: 27,8% positif, 72,2% negatif

 

  1. Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Perdagangan RI

Total: 299 Pemberitaan

Reach: 3,1 juta jangkauan

Tone: 66,7% positif, 33,3% negatif {golkarpedia}