Manajemen Bantah Rumput Rusak, Persija Jakarta dan PSM Makassar Bisa Digelar di GBK

Laga pertama Liga 1 2023/24 antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar dipastikan akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Hal tersebut dipastikan oleh Manajemen Pusat Pengelolaan Kompleks GBK (PPKGBK).

Rakhmadi Afif selaku Direktur Utama PPKGBK telah mengkonfirmasi bahwa pertandingan Persija vs PSM akan digelar di GBK. Ia juga membantah soal rumput yang rusak parah.

“Betul, akan main [di GBK],” kata Rakhmadi saat dikonfirmasi kumparan pada Rabu (28/6).

Terkait video yang beredar, Rakhmadi menyayangkan penyebaran tersebut. Pasalnya, video diambil sesaat setelah acara Puncak Bulan Bung Karno selesai dan disebarluaskan tanpa pemberitahuan.

“Kondisi ini [rumput rusak] tidak benar. Itu baru beberapa saat dan sangat disayangkan begitu selesai langsung diambil video dan disebarluaskan tanpa melihat kerja keras kami lebih lanjut,” terang Rakhmadi.

“Setiap acara apa pun yang menutup lapangan kami gunakan prosedur yakni dengan pelindung lapangan. Begitu diangkat kami langsung pembersihan, mowning, pemupukan, penyiraman dan rangkaian lainnya,” tambahnya.

Sebelumnya, beredar video kondisi rumput GBK yang rusak usai acara Puncak Bulan Bung Karno pada Sabtu (24/6). Setelahnya, beredar juga keputusan PPKGBK terkait laga Persija vs PSM.

Dalam foto yang beredar, Manajemen PPKGBK tidak merekomendasikan pertandingan digelar di GBK. Adapun alasannya adalah soal keamanan dan kesehatan rumput serta Field of Play (FOP).

Namun, PPKGBK kemudian menjalin komunikasi dengan PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan Persija. Komunikasi tersebut berujung dengan keputusan laga Persija vs PSM digelar di GBK.

PPKGBK mengaku mendukung penyelenggaraan pertandingan tersebut. Panitia pelaksana juga berkomitmen untuk menyukseskan pertandingan.

“GBK merupakan ikon olahraga nasional dan internasional serta venue multifungsi, mendukung penyelenggaraan laga Persija vs PSM, menyusul berakhirnya serangkaian acara-acara yang telah terselenggara,” pernyataan PPKGBK dalam keterangan resmi.

“GBK telah berkomunikasi dan berdiskusi langsung bersama PSSI, PT. LIB, dan Persija Jakarta, menghasilkan kesepakatan terkait pertandingan Persija Jakarta vs PSM yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2023.”

“Panitia pelaksana telah berkomitmen untuk menyukseskan jalannya pertandingan termasuk memitigasi potensi/dampak negatif yang mungkin terjadi,” sambung pernyataan tersebut.(Sumber)