News  

14 TKI Ilegal Korban Perdagangan Ginjal Masih Tertahan di RS Luar Negeri Tanpa Perawatan Memadai

Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) tidak hanya mengungkap pemberangkatan TKI ilegal. Tapi juga WNI yang menjadi korban perdagangan organ.

Para korbannya ditipu. Awalnya dijanjikan bekerja di luar negeri, tapi kenyataannya ginjal mereka diambil untuk dijual.

Menko Polhukam mengatakan hingga saat ini masih ada korban yang harus menjalani perawatan di rumah sakit akibat perbuatan kriminal itu. Mirisnya mereka tidak mendapat perawatan yang layak.

“Coba sekarang orang dikirim ke luar negeri ginjalnya dijual ditampung di berbagai rumah sakit dan tak mendapat perawatan yang memadai juga,” kata Mahfud, Selasa (4/7).

“Sehingga saya dapat info Polri dari Polri itu di suatu negara ada 14 orang tertahan di rumah sakit dengan jual ginjal itu.”
-Mahfud MD-

Mahfud menerangkan Satgas TPPO telah menetapkan 698 orang sebagai tersangka. Mereka tersebar di sejumlah daerah.

“Berdasarkan data Satgas TPPO data dari tanggal 5 Juni hingga 3 Juli kemarin, Satgas TPPO polda dan jajaran yang mengolah berbagai info dari berbagai sumber sampai hari ini menetapkan 698 tersangka dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Mahfud.

Menurut Mahfud ribuan korban berhasil diselamatkan oleh Satgas TPPO.
“Langkah ini diikuti dengan penyelamatan terhadap 1.943 korban, mungkin masih banyak yang bisa diselamatkan,” pungkasnya.(Sumber)