News  

5 Menteri Kabinet Jokowi Yang Terjerat Kasus Korupsi, 2 Di antaranya Menteri Sosial

Dalam setiap era kepemimpinan, pemerintahan dihadapkan dengan berbagai tantangan, termasuk masalah korupsi yang dapat menghambat pembangunan dan menggerus kepercayaan publik.

Era kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, juga tidak luput dari sorotan terkait kasus korupsi di kalangan menteri. Beberapa menteri terpilih yang seharusnya bertugas untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan negara terjerat kasus korupsi yang mengguncang jagat politik Indonesia.

 

Imam Nahrawi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga yang dilantik pada 27 Oktober 2014, pada Kabinet Kerja Jokowi – Jusuf Kalla. Ia mengundurkan diri pada 19 September 2019 setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dana hibah KONI oleh KPK. Imam resmi ditahan KPK pada 27 September 2014. TEMPO/Imam Sukamto

1. Imam Nahrawi

Menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pada tahun 2014 hingga 2019, Imam Nahrawi terjerat kasus korupsi yang terkait dengan dugaan suap dan gratifikasi terkait dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Pria yang lahir pada 1973 ini dikabarkan menerima suap hingga Rp 11 miliar.

Pada November 2019, Imam ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Atas penetapannya sebagai tersangka, ia mengundurkan diri dari jabatan Menpora. Lalu pada Juni 2020, dia divonis hukuman 7 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

2. Edhy Prabowo

Menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada tahun 2019 hingga 2020, Edhy Prabowo terjerat kasus korupsi yang berkaitan dengan ekspor benih lobster. Dia terbukti menerima suap terkait izin ekspor benih lobster ilegal.

Pada 2020, Edhy ditangkap oleh KPK dan pada pertengahan 2021, dia divonis hukuman 5 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga menuntut Edhy membayar uang pengganti sebesar  Rp 10 miliar yang harus dibayar dalam waktu maksimal satu bulan setelah putusan pidana inkrah.

3. Juliari Batubara

Menjabat sebagai Menteri Sosial pada tahun 2019 hingga 2020, Juliari Batubara terjerat kasus korupsi yang berkaitan dengan pengadaan bantuan sosial (bansos).

Dia diduga menerima suap terkait penyaluran bansos kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Kasus ini mencuat pada Desember 2020 dan menjadi sorotan publik. Pada 2021, Juliari dituntut dengan hukuman penjara 12 tahun oleh jaksa penuntut umum.

4. Idrus Marham

Menjabat sebagai Menteri Sosial sejak Oktober 2019, Idrus Marham terjerat kasus korupsi di Kementerian Sosial. Pada Desember 2020, ia ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK atas kasus korupsi bansos di Kementerian Sosial RI dalam penanganan pandemi Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek 2020.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate berada di mobil tahanan saat keluar dari Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jakarta, 17 Mei 2023. TEMPO/M Taufan Rengganis

5. Johnny G. Plate

Menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada tahun 2019 hingga 2024, Johnny G. Plate terjerat kasus korupsi yang berkaitan dengan penyediaan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022. Pada Mei 2023, dia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Kasus-kasus korupsi di era kepemimpinan Jokowi menjadi pelajaran berharga bagi seluruh pemimpin dan aparatur negara untuk selalu berkomitmen dalam melaksanakan tugas dengan jujur, tulus, dan bertanggung jawab. Dengan begitu, Indonesia dapat melangkah maju sebagai negara yang berdaulat, bermartabat, dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya. (Sumber)