Ada Partai Yang Makin Panik: PKS dan Partai Golkar Pun Diserang

Pagi ini, Sabtu 29 Juli 2023 massa PKS dan relawan Anies Rasyid Baswedan tumpah ruah. Wajah Kota Bekasi pun mendadak dipenuhi warna putih dan orange. Warna khasnya Partai Keadilan Sejahtera.

Semangat kader PKS dan relawan Anies Rasyid Baswedan tak surut. Setelah izin Senam Bareng Rakyat DPD PKS Kota Bekasi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dibatalkan sepihak oleh pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono.

Plt. Walikota Bekasi yang juga Ketua DPD PDIP Kota Bekasi ini dinilai tidak bijak. Pejabat publik partisan. Lagi-lagi PSSI dijadikan alasan drama. Padahal izin pemakaian stadion sudah keluar. Tiba-tiba dicabut izinnya.

DPD PKS Kota Bekasi menggelar acara bertajuk Senam Bareng Rakyat yang dihadiri oleh bakal calon presiden Anies Rasyid Baswedan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Pengurus PKS, serta sejumlah relawan.

Kepanikan PDIP juga ditunjukkan saat beredar rumor akhir Juni 2023. Partai Golkar dukung Anies Rasyid Baswedan di Pilpres 2024.

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto dipanggil Kejaksaan Agung. Berhembus rumor Airlangga Hartarto akan ditersangkakan dalam kasus dugaan korupsi izin ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Secepat kilat rumor itu menjadi liar. Dua Menteri Bahlul disebut-sebut akan mengambil alih Partai Golkar. Melalui Munaslub atau Musyawarah Nasional Luar Biasa tak mungkin kedua Menteri Bahlul itu mengkudeta Partai Golkar. Satu-satunya jalan termudah. Tersangkakan Airlangga Hartarto.

Sebagaimana kita ketahui, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly kader PDIP. Jaksa Agung saat ini, ST Burhanuddin merupakan adik kandung politikus PDIP, TB Hasanuddin.

Politisasi izin ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang diduga melibatkan Airlangga Hartarto pun mencuat.

Pasalnya, suami Puan Maharani, Happy Hapsoro yang disebut-sebut terlibat megaskandal korupsi BTS 4G Kominfo justru tak kunjung dipanggil Kejaksaan Agung.

Anak buah Happy Hapsoro, Direktur Utama PT Basis Utama Prima, Muhammad Yusriski telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang merugikan negara sampai Rp 8 triliun lebih. PT Basis Utama Prima merupakan perusahaan yang sahamnya mayoritas dimiliki menantu Megawati, Happy Hapsoro yang tak lain suaminya Puan Maharani.

Sulit publik tak menilai PDIP sedang panik. Apalagi Presiden Jokowi secara terbuka mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Kepanikan itu tambah menjadi-jadi dengan beredarnya rumor Partai Golkar mendukung Anies Rasyid Baswedan di Pilpres 2024.

Sementara PDIP baru berhasil mengajak PPP bergabung mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP.

Belum reda dengan Partai Golkar. PDIP dipusingkan lagi dengan Senam Bareng Rakyat yang digelar oleh DPD PKS Kota Bekasi dengan menghadirkan calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Rasyid Baswedan.

Saking paniknya. Izin telah keluar, tiba-tiba izin dicabut kembali dengan alasan yang sulit diterima akal sehat.

Kepanikan sebagai fase awal menuju post power syndrome, suatu kondisi kejiwaan yang umumnya dialami oleh orang-orang yang kehilangan kekuasaan atau jabatan yang diikuti dengan menurunnya harga diri.

Bandung, 11 Muharram 1445/29 Juli 2023
Tarmidzi Yusuf, Kolumnis