News  

Memuliakan Yatim Dan Dhuafa Generasi Masa Depan Brebes

Forum Komunikasi Guru Besar Dan Dosen Putera Puteri Brebes dan atau Yayasan Rumah Cinta Brebes mengadakan Lebaran Yatim di Jl. Kyai Mimbar No.31, Desa Padakaton, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes.

Tiap 10 Muharram, bertepatan dengan hari Asyura, umat Islam juga memperingati Lebaran Anak Yatim atau dikenal dengan Idul Yatama.

“Lebaran anak yatim berangkat dari kebiasaan Rasulullah SAW yang terkenal sangat menyayangi dan menghargai anak yatim. Beliau selalu bersedekah dan menyantuni anak yatim,” Ucap Muhammad Munawir Lasiyono, selaku ketua Yayasan Rumah Cinta Brebes.

Hadir sekitar 60 Orang, Anak Yatim, Dhuafa, Siswa-Siswi Bimba Rainbow Kids, Orang Tua. Acara ini Bersinergi dengan Bimba Rainbow Kids yang digawangi Yuli Irmayah di Desa Padakaton, dengan tema: “Berbagi Keberkahan, Mengukir Senyuman”. Acara yang dikemas semenarik mungkin, yang fun, edukasi, religius, games, motivasi, dan makan bersama.

Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.” Hadits riwayat Imam Bukhari.

Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan Thobrani, Shahih At Targhib Al Albani bahwa: “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orang tua Muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” Hadits riwayat Thabrani. Ucap Ustd Sofa dalam Tausyiah.

Acara ini juga mendapat dukungan dari masyarakat Daerah Brebes, Pak Jamali Mengucapkan Banyak terima kasih semoga kegiatan ini bisa di lakukan secara rutin sehingga bisa membantu Anak Yatim dan Dhuafa Brebes.

Anak ialah generasi penerus cita-cita bangsa, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Disebutkan, anak berhak atas pemeliharaan dan perlindungan, baik semasa dalam kandungan maupun sesudah dilahirkan. Anak yang tidak mempunyai orangtua berhak memperoleh asuhan oleh negara atau orang atau badan., Yayasan Rumah Cinta Brebes juga berkewajiban Ucap Mas Munawir.

“Kegiatan santunan lebaran 10 Muharram ini sangat Mulia, perlu terus dilanjutkan Istiqomah,” Ucap Prof. Darsono Wisadirana, MS, salah satu Pembina Forum Komunikasi Guru Besar dan Dosen Putera Puteri Brebes/Yayasan Rumah Cinta Brebes.