Jordan Henderson Hengkang ke Arab Saudi, Virgil van Dijk Siap Jadi Kapten Liverpool

Liverpool baru saja kehilangan kapten mereka, Jordan Henderson yang memilih hengkang di bursa transfer musim panas 2023. Kepergian Henderson membuat posisi pemimpin The Reds kosong, melihat hal tersebut Virgil van Dijk pun mengaku siap mengambil tugas tersebut.

Ya, Henderson telah meninggalkan Anfield. Henderson tepatnya hengkang ke klub Arab Saudi, Al Ettifaq di musim ini.

Selain Henderson, James Milner yang merupakan wakil kapten The Reds di musim lalu juga hengkang dari Liverpool untuk merapat ke Brighton Hove & Albion. Dengan begitu, Liverpool pun tengah mencari sosok baru untuk menjabat sebagai kapten.

Sampai saat ini pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, belum membeberkan siapa yang akan menjadi pemimpin The Reds di lapangan musim depan. Walaupun yang pasti, dia sudah mengantongi beberapa nama.

Terkait situasi itu, Van Dijk mengatakan bahwa penentuan kapten tidak akan terjadi hanya dalam satu malam. Dia menilai pastinya akan banyak pertimbangan terkait hal itu.

Terlebih menurut Van Dijk, banyak pemain yang punya kesempatan menjabat sebagai kapten. Contohnya seperti Mohamed Salah, Alisson Becker, hingga Trent Alexander-Arnold yang kita tahu merupakan pemain pilar Liverpool.

“Jelas hal-hal ini tidak terjadi dalam semalam, tetapi yang pasti kami memiliki banyak pemain yang dapat mengambil tanggung jawab itu dan harus mengambil tanggung jawab itu, jadi saya yakin itu akan terjadi,” kata Van Dijk, dikutip dari Goal International, Minggu (30/7/2023).

Tapi di sisi lain, Van Dijk juga merupakan salah sosok yang kemungkinan besar akan dipilih menjadi kapten Liverpool musim depan. Sejak didatangkan pada 2018, dia mampu memberikan energi positif untuk lini pertahanan The Reds.

Pemain berpaspor Belanda itu juga pernah beberapa kali menjabat sebagai kapten sehingga kualitas kepemimpinannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Van Dijk pun mengaku siap jika Klopp memilihnya sebagai kapten baru untuk Liverpool. Karena hal itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuknya bisa menjadi pemimpin The Reds di lapangan.

“Tentang kapten yang belum diumumkan jadi saya tidak bisa mengatakan terlalu banyak tentang itu. Tapi jelas, saya telah menjadi kapten tim beberapa kali, sudah selama beberapa tahun terakhir dan itu selalu merupakan momen yang membanggakan,” sambung Van Dijk.

“Kita akan melihat apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi akan menjadi kehormatan besar untuk menjadi kapten tim,” tambahnya

Terlepas dari hal itu, Liverpool akan menghadapi Leicester City dalam uji coba pramusim. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di National Stadium, Kallang, Singapura, Minggu (30/7/2023) 16.00 WIB.(Sumber)