News  

Putra Ali Sadikin: Anies Baswedan Pemimpin Yang Dirindukan Rakyat Indonesia

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mendapatkan hadiah berupa buku tentang mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dari Boy Bernardi Sadikin.

Momen itu dibagikan Anies dalam postingan terbaru di akun Instagramnya. Anies membagikan tiga foto, menariknya dalam buku tersebut, putra sulung Ali Sadikin itu menyebut Anies sosok pemimpin yang dirindukan rakyat Indonesia.

“Untuk sahabatku Anies Baswedan Pemimpin Jakarta yang dirindukan rakyat Indonesia. Jakarta 03 Agustus 2023, salam hangat,” demikian tulisan di buku tersebut.

Dalam unggahannya, Anies mengatakan buku tersebut dibaca dalam perjalanannya menuju Bandung, Jawa Barat. Dia juga menuturkan buku itu sebagai rujukan bagi para aktivis di Jakarta.

Menurut cucu Pahlawan Nasional, AR Baswedan itu kisah kepemimpinan Ali Sadikin sangat menginspirasi dalam membangun Jakarta di era 1970an.

“Masa tugas Ali Sadikin dicukupkan oleh pemerintah pusat di tahun 1977, saat ia berusia 51 tahun, tapi dia dikenang sepanjang masa oleh rakyat Jakarta,” ucapnya.

Letnan Jenderal KKO Ali Sadikin adalah seorang letnan jenderal KKO-AL yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966.

Ali kemudian diduetkan dengan Laksamana Muda Udara Raden H. Atje Wiriadinata untuk membangun Ibu Kota Republik Indonesia.

Di masa kepemimpinannya, Ali sangat berjasa dalam mengembangkan Jakarta menjadi sebuah kota metropolitan yang modern.

Di bawah kepemimpinan Ali, Jakarta mengalami banyak perubahan karena proyek-proyek pembangunan buah pikiran Ali, seperti Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Proyek Senen, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja, kota satelit Pluit di Jakarta Utara, pelestarian budaya Betawi di kawasan Condet.

Buku bertajuk ‘Ali Sadikin Pemimpin yang Dirindukan’ ini dibuat untuk menggenang sosok Ali Sadikin sebagai pemimpin yang telah berhasil membangun Kota Jakarta. (Sumber)