Perjalanan Juara Bertahan AS Berakhir di 16 Besar Piala Dunia Wanita 2023

Mimpi Timnas Wanita Amerika Serikat meraih hattrick sekaligus gelar kelima Piala Dunia Wanita berakhir prematur.

Usaha keras Lindsey Horan dkk. pupus di babak 16 besar putaran final Piala Dunia Wanita 2023 yang masih berlangsung di Australia dan Selandia Baru.

Timnas Wanita Amerika Serikat tersingkir usai kalah 4-5 dalam drama adu penalti saat menghadapi Swedia dalam pertandingan yang dimainkan di Melbourne Rectangular Stadium, Minggu (6/8/2023) malam WIB.

Untuk kali ketiga di Piala Dunia Wanita kali ini, Timnas Wanita Amerika Serikat gagal menaklukkan tim asal Eropa.

Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan Timnas Wanita Amerika Serikat saat menjuarai Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis.

Empat tahun lalu di Prancis, Megan Rapinoe dkk. begitu superior saat bertemu wakil Eropa.

Lima laga terakhir Timnas Wanita Amerika Serikat yang berujung gelar juara didapatkan kala bersua wakil Benua Biru.

Timnas Wanita Amerika Serikat berhasil menjadi juara usai mengalahkan Belanda pada babak final.

Sebelumnya, Timnas Wanita Amerika Serikat menumbangkan Inggris di babak semifinal, Prancis di perempatfinal, dan Spanyol di babak 16 besar.

Kemenangan pertama atas tim Eropa di Prancis didapatkan Timnas Wanita Amerika Serikat saat bersua Swedia pada matchday terakhir babak penyisihan grup.

Kini di Australia dan Selandia Baru, Timnas Wanita Swedia sukses menyingkirkan Amerika Serikat lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Skor kacamata juga diperoleh pasukan Vlatko Andonovski saat berhadapan dengan Portugal di laga terakhir penyisihan grup yang menjadikan mereka harus puas hanya menduduki peringkat kedua grup di bawah Belanda untuk lolos ke babak gugur.

Hasil seri juga menjadi skor akhir saat Timnas Wanita Amerika Serikat bertemu Belanda dalam matchday sebelumnya.

Kegagalan demi kegagalan untuk mengalahkan tim asal Eropa kini berbuah pahit bagi Timnas Wanita Amerika Serikat.

Untuk pertama kali dalam sejarah panjang mereka di putaran final Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat tak kuasa menembus babak semifinal.(Sumber)