Kisah Angker Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Sudah Banyak Makan Korban

KISAH angkernya tikungan 10 Sirkuit Mandalika yang sudah memakan korban akan dibahas Okezone di artikel ini. Ya, seketika Sirkuit Mandalika menjadi bahan pembicaraan pencinta balap dunia usai musibah yang menimpa pembalap Jepang, Haruki Noguchi, hingga merenggut nyawanya.

Kejadian naas tersebut terjadi saat Noguchi terjatuh dalam lomba FIM Asia Road Racing Championship (ARCC) 2023 yang terjadi pada Minggu 13 Agustus 2023 lalu. Walaupun sempat menjalani perawatan, namun dikabarkan nyawa pembalap tersebut tidak bisa diselamatkan.

Noguchi mengalami kecelakaan di tikungan 10. Tikungan tersebut viral karena memiliki pemandangan yang memanjakan mata sekaligus yang paling berbahaya.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat 18 Agustus 2023, Noguchi mengalami kecelakaan tepat di putaran keempat FIM ARRC 2023. Dia tampil di kelas Asia Superbike 1000cc.

Insiden bermula ketika bagian depan motor Noguchi tersenggol ban belakang pembalap Malaysia, Zaqwan Zaidi, yang tergelincir. Zaidi terpeleset dan keluar trek, tetapi Noguchi terjatuh di lintasan sehingga kecelakaan fatal tak terhindarkan.

Pembalap lain, Kasma Daniel yang melintas di belakangnya tidak mampu berkelit untuk menghindar, sehingga motor 1000cc tersebut melindas Noguchi. Pembalap yang baru berusia 22 tahun tersebut kini menjadi korban pertama yang meninggal di Sirkuit Mandalika.

Seramnya sirkuit Mandalika juga dirasakan para pembalap World Superbike dan World Supersport di putaran kedua musim 2023.

Dalam sesi latihan bebas atau free practice (FP) setidaknya ada empat pembalap dari kedua kelas yang terjatuh saat mencoba melewati tikungan 10 tersebut. Teknik pengereman yang tidak tepat akan langsung dibayar mahal jatuhnya motor para pembalap.

Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan. Terdiri dari 11 tikungan ke arah kanan dan 6 tikungan ke arah kiri. Pihak ITDC juga pernah menyebut, tikungan yang paling tajam, berada di tikungan ke 10. Selain itu merupakan tikungan dengan kategori landai.

Berdasarkan kisah para pembalap tantangan tikungan 10 dimulai saat memasuki tikungan 9. Karena di sana adalah kesempatan untuk memacu kecepatan kendaraan. Namun justru di sektor ini yang paling menantang karena dari tikungan 9 menuju tikungan 10 akan ada speed trap. Terdapat belokan U Turn dengan run off lebar. Alhasil pembalap terpaksa melakukan late braking.

Pembalap Marc Marquez juga termasuk yang pernah terjatuh di tikungan 10 di saat pemanasan ajang MotoGP 2022 silam. Banyak yang menilai bila tikungan 10 hingga 13 di Sirkuit Mandalika menjadi titik tersulit bagi Marquez.

Namun kecelakaan hebat yang dialami Marquez justru berada di tikungan 7. Dia terpental usai mengalami highside pada sesi pemanasan MotoGP Mandalika. Dampaknya dia mengalami gegar otak dan akhirnya batal mengikuti seri Mandalika.

Demikian kisah angkernya tikungan 10 Sirkuit Mandalika yang sudah memakan korban jiwa pertama.
(Sumber)