PSSI Bakal Naturalisasi Bek Klub Liga Italia Venezia, Jay Idzes

PSSI akan menaturalisasi bek asal klub Liga Italia Venezia Jay Idzes. Idzes sudah datang ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut Idzes akan membela Timnas Senior. Erick juga yakin Idzes akan memperkuat Timnas Indonesia.

“Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia,” kata Erick lewat keterangan tertulisnya, Rabu (6/9).

“Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan insya Allah akan menambah kekuatan timnas kita,” tambahnya.

Jay merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Ia yang saat ini bermain di salah satu klub Serie B Italia, Venezia FC memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Ia lahir di Belanda, di mana kedua orang tuanya tinggal.

Idzes sudah bermain sepak bola sejak usia 7 tahun. Awal karier sepak bola Jay dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. Dia bermain selama 1,5 tahun di tim itu. Di usia 9 tahun, Jay dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven.

Erick Thohir bersama calon pemain naturalisasi Jay Idzes. Foto: Instagram/@erickthohir
Erick Thohir bersama calon pemain naturalisasi Jay Idzes. Foto: Instagram/@erickthohir

Ia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Bertahan 2 tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan. Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Pemain berusia 23 tahun itu kemudian pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia hingga 2027.(Sumber)