Sikat Ng Tze Yong, Jonatan Christie Melaju ke Final Hong Kong Open 2023

Indonesia dipastikan menempatkan wakilnya di final tunggal putra Hong Kong Open 2023. Jonatan Christie melaju ke puncak setelah menang tiga gim atas tunggal Malaysia, Ng Tze Yong dalam partai semifinal di Hong Kong Coliseum, Sabtu (16/9/2023).

Dilansir detikSport, Jonatan bertanding nyaris 1,5 jam. Dia menang 21-19, 21-23, dan 21-13 dalam tempo 84 menit.

Tze Yong merebut poin pertama di gim pertama, tapi Jonatan berbalik memimpin 7-4. Sempat membuka jarak hingga 11-5, ia malah memberikan angin buat Tze Yong yang merebut enam angka beruntun untuk menyamakan poin.

Jonatan merintis jarak lagi dan mendapatkan keunggulan 18-12. Lagi-lagi ia membuang jarak itu begitu saja hingga terkejar 19-19.

Di titik krusial itu, Jonatan masih mampu menjaga ketenangannya dan memaksa Tze Yong memberikan dua poin. Gim pertama pun jadi milik Jonatan.

Setelah perolehan poin yang ketat di awal, Tze Yong mendapatkan momentum untuk memimpin 9-5 atas Jonatan. Namun tunggal putra Indonesia itu tak tinggal diam dan langsung merespons, menyamakan skor 9-9.

Tze Yong kembali unggul saat interval, tapi Jonatan keluar dari tekanan bahkan berbalik memimpin 16-12. Lagi-lagi Jonatan membuang keunggulan itu, seperti di gim pertama, hingga disusul lawan.

Dari sana persaingannya makin ketat. Jonatan dua kali menyentuh match-point, yang direspons dengan deuce oleh Tze Yong. Setelah itu Tze Yong malah berbalik unggul 22-21 dan merebut gim kedua 23-21.

Gagal menang dua gim langsung, Jonatan langsung ngegas di gim ketiga. Ia merebut delapan poin pertama dan terus menekan Tze Yong untuk memimpin 12-1.

Sayangnya Jonatan kembali memperlihatkan momen-momen kehilangan kendali permainan. Ia membiarkan Tze Yong dapat momentum dan menipiskan hingga 12-17, dari keunggulan 11 poin selepas interval.

Namun demikian, tunggal putra Indonesia tersebut kali ini tetap mampu mengamankan kemenangan 21-13 untuk melangkah ke final. Di final, Jonatan Christie akan menghadapi pemenang antara Kenta Nishimoto vs Anthony Sinisuka Ginting.(Sumber)