Konflik Food Vlogger: Codeblu Polisikan Farida Nurhan atas Pencemaran Nama Baik

Konflik antara dua food vlogger William Anderson alias Codeblu dan Farida Nurhan berbuntut panjang. Codeblu mengambil langkah hukum dengan melaporkan Farida ke Polda Metro Jaya.

Laporan itu telah diterima dan teregister dengan nomor: LP/B/5703/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA, tertanggal 25 September 2023.

Dalam laporannya, Farida disangka melanggar Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) UU ITE dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP tentang pencemaran nama baik dan fitnah.

Food vlogger Codeblu layangkan peringatan kepada Farida Nurhan melalui DM Instagram. Foto: Instagram/@farida.nurhan
Food vlogger Codeblu layangkan peringatan kepada Farida Nurhan melalui DM Instagram. Foto: Instagram/@farida.nurhan

“Pelapor WA alias pemilik akun TikTok Codeblu,” kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam keterangannya, Sabtu (30/9).

Ade belum merinci lebih jauh terkait duduk perkara kasus ini. Ia hanya menjelaskan, penyidik telah memintai klarifikasi dari Codeblu pada Jumat (29/9) kemarin.

“Dilakukan pemeriksaan klarifikasi terhadap pelapor, di mana tim penyelidik mengajukan sebanyak 20 pertanyaan dalam rangka penyelidikan,” tutur Ade.

“Pelapor mengetahui adanya dugaan pencemaran nama baik pada tanggal 24 September 2023 pada saat sedang dalam perjalanan di Kebayoran Baru, Jakarta,” lanjutnya.

Dalam pelaporannya, Codeblu turut melampirkan sejumlah barang bukti berupa tangkapan layar yang diduga bermuatan unsur pidana.

“Rencana tindak lanjut: pemeriksaan klarifikasi terhadap saksi-saksi terkait lainnya, pemeriksaan klarifikasi terhadap terlapor, dan koordinasi dengan ahli,” ucapnya.

Konflik ini bermula dari viralnya ‘review jujur’ seorang food vlogger AA Juju @makanlurrrr saat ke Warung Oseng Bang Madun ‘Nyak Kopsah’, banyak dari warganet yang meminta @codebluuuu untuk mengulas juga tempat makan tersebut. Namun, review dari food vlogger yang terkenal dengan kata-kata pedas tersebut berbuah menjadi masalah antara dirinya dengan food vlogger lain, yakni Farida Nurhan.

Keduanya diketahui bersitegang lantaran Farida Nurhan atau yang akrab disapa Omay berkeberatan dengan cara me-review Codebl

Food vlogger Codeblu layangkan peringatan kepada Farida Nurhan melalui DM Instagram. Foto: Instagram/@farida.nurhan
Food vlogger Codeblu layangkan peringatan kepada Farida Nurhan melalui DM Instagram. Foto: Instagram/@farida.nurhan

Mendapati hal yang sama saat berkunjung beberapa waktu lalu, melalui unggahan video review (22/9), Codeblu mengeluhkan warung makan tersebut tidak menyajikan makanan yang layak. Menurutnya, makanan yang dia coba tidak fresh, porsi kecil, hingga harga mahal.

Farida kemudian menegur melalui media sosialnya. Namun, masalah kian berbuntut panjang lantaran Farida melakukan doxing kepada Codeblu yang kerap mengulas makanan tanpa menampilkan wajah dan nama aslinya.

Codeblu pun geram dan menghubungi Farida melalui DM Instagram. Dia meminta Farida untuk meminta maaf kepadanya, dan mengancam akan mempolisikan jika dalam satu hari Farida tak meminta maaf.

Alih-alih meminta maaf, Farida justru membalas ancaman Codeblu tersebut, dia menuliskan, “Tidak, silahkan laporkan saya ke pihak berwajib kalau menurut anda itu perlu. Sebagai WNI yang baik saya akan mengikuti peraturan dan panggilan dari pihak berwajib apabila saya di panggil. Nggak usah nunggu 24 jam, tidak usah menggeretak, langsung aja ya laporkan.”

Belum ada pernyataan dari Farida mengenai adanya pelaporan di Polda Metro Jaya itu.(Sumber)