MotoGP Mandalika 2023 Bakal Didominasi Marshal Lokal dari NTB

MOTOR-MOTOGP-SANMARINO/

Sirkuit Internasional Mandalika dibenahi untuk MotoGP Indonesia 2023 (Foto: MGPA)

Dorna Sports akan membawa sebagian marshal untuk bertugas di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nantinya, marshal asing itu akan ditempatkan pada sektor-sektor penugasan tertentu.

“Tahun lalu kan marshal banyak asingnya. Kali ini, asingnya saya hilangkan, jadi (orang) Indonesia, Kalau dibilang 100 persen orang Indonesia, sebenarnya enggak juga,” kata Priandhi kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia (MPI), Selasa (3/10/2023).

“Kita mau kasih harga marshal luar negeri karena skill-nya, entah timing system, hitung-hitunganan dan lain-lain, itu yang (marshal lokal) belum terbiasa,” imbuhnya.

Priandhi kemudian menjelaskan presentase komposisi tingkatan level marshal lokal asal NTB yang akan unjuk kebolehan di MotoGP Indonesia 2023. Menurutnya, sebanyak 80 persen marshal lokal ada di level bawah, sementara 20 sisanya merupakan tenaga berpengalaman.

Nah 100 persen ini maksudnya 80 persen lokal tapi kelas bawah. Nah yang 20 persen ini adalah teman teman yang biasa balapan. Yang (berpengalaman) Kejurnas motornya, yang ngerti bendera, Itu (yang sudah bertugas di MotoGP Indonesia) di 2022,” jelas Priandhi.

Lebih lanjut, Priandhi menjelaskan keputusan MGPA untuk sepenuhnya menggunakan marshal asal NTB sempat menuai kecemburuan dari sebagian marshal berpengalaman dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagai solusi, para marshal berpengalaman tersebut tetap diundang ke MotoGP Indonesia 2023, namun hanya menjadi tamu.

Sirkuit Mandalika

“Nah di 2023, semua pada marah-marah karena teman dekat saya enggak diajak lagi, karena 100 persennya dari NTB. Jadi teman dekat dari daerah enggak diajak. Akhirnya kita tetap undang sebagai tamu ya,” tutur Priandhi.

“Cuma mereka enggak kerja lagi karena yang lokal (NTB) sudah bisa memimpin. Jadi itu kebanggaan buat kami bahwa marshal lokal bisa memberikan kontribusi,” tandasnya.(Sumber)