7 Tahun Wiljan Pluim di PSM Makassar Cetak 47 Gol 51 Asis, Aksa Mahmud: Penggantinya Lebih Hebat

Founder Bosowa Corps, Aksa Mahmud, sesumbar PSM Makassar mendapat pengganti yang lebih hebat dari Wiljan Pluim yang resmi dipecat klub.

Sejak Agustus 2016 seorang Willem Jan Pluim berseragam PSM Makassar usai didatangkan dari klub Liga Vietnam, Binh Duong FC.

Selama kurang lebih tujuh tahun Wiljan Pluim mengabdikan dirinya untuk PSM Makassar, hingga akhir 2023 kini sosoknya disingkirkan.

Setelah absen dalam tujuh laga PSM Makassar di Liga 1 2023/2024, status sang pemain pun diungkap bos sponsor utama Juku Eja.

Aksa Mahmud sebagai bos Bosowa Corps menilai Wiljan Pluim sudah terlalu tua untuk timnya, bahkan untuk berlari saja tak bisa.

 

Ia juga sesumbar PSM akan segera mendapat pengganti pria kelahiran Zwolle pada 4 Januari 1983 itu, para penggemar dan suporter pun diminta bersabar.

Menurut laman resmi Transfermarkt, Wiljan Pluim berhasil mencatat 178 laga dengan mencetak 47 gol dan 51 asis di semua kompetisi.

Wiljan Pluim bahkan bisa dikatakan sebagai roh permainan Juku Eja, meski di usianya yang memasuki 34 tahun semuanya dirasa berbeda.

“Saya sudah kasih keluar, saya akan ganti (Pluim dengan pemain) lebih baik,” ucap Aksa Mahmud seperti dikutip dari BolaSport.com.

Pluim sudah tua. Tidak bisa lari, padahal dia center forward.”

“Dia berada di tengah, tidak bisa lari, saya ganti.”

“Saya suruh (manajemen) ganti dengan pemain lebih hebat. Tapi saya belum umumkan.”

“Putaran kedua, kalian lihat penggantinya Pluim lebih hebat,” imbuhnya.

Wiljan Pluim absen semenjak PSM bermain imbang melawan PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1 2023, sejak saat ini Juku Eja hanya memetik satu kemenangan.

Enam pertandingan lain berakhir dengan kekalahan, tak hanya di kancah domestik tetapi juga internasional yakni Piala AFC 2023.

Teranyar terbantai Sabah FC dengan skor 0-5 dan kalah 0-2 dari Madura United, menarik dinantikan kejutan apa yang bakal diberi klub ini.

Apalagi sesumbar mulut besar bos sponsor utama PSM Makassar, akankah Juku Eja kembali ke jalur kemenangan? Atau justru terjerembab ke bawah klasemen.

Di sisi lain, PSM Makassar bakal menjamu Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2023 pada Jumat (20/10/2023).

Kemenangan tentu harga mati mengingat PSM berada di peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1.

Lima hari berselang, tepatnya pada Rabu (25/10/2023), mereka kembali berlaga di Piala AFC melawan Hougang di markas sendiri.(Sumber)