News  

Kereta Kompartemen: KA Mewah Seharga Tiket Pesawat, Cek Rute dan Harganya

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) meluncurkan kereta mewah yang dinamai Kereta Kompartemen dengan kelas Compartment Suites.

Sesuai dengan namanya, kereta ini menawarkan pengalaman perjalanan mewah, sehingga harga tiket-nya pun bisa setara pesawat terbang.

Mengutip laman media sosial X @sahabat_kereta, Kereta Compartment Suites melayani rute Gambir-Surabaya Gubeng, masuk dalam rangkaian KA 60 Bima. Dalam akun itu juga disebutkan, kereta Compartment Suites akan mulai beroperasi pada hari pertama diresmikan, pada Selasa (10/10).

Sementara untuk relasi sebaliknya, Surabaya Gubeng-Gambir dengan KA 17 Argo Semeru mulai beroperasi pada Rabu (11/10).

Corporate Secretary PT KAI, Jhoni Martinus, membenarkan bahwa kereta tersebut akan diresmikan besok. “Besok ya kami publish secara resmi. Rencananya besok sore launching-nya,” kata Jhoni kepada kumparan.

Harga promo tiket kereta Compartment Suites ini dibanderol Rp 1.950.000 untuk perjalanan perdana. Sementara informasi yang diterima kumparan, harga normalnya berkisar antara Rp 2.150.000 hingga Rp 2.250.000.

Kereta Compartment Suites ini merupakan hasil kereta modifikasi karya Balai Yasa Manggarai yang semula kereta eksekutif lalu diubah menjadi kereta elit.

Kereta ini dilengkapi kompartemen tidur, yang sebelumnya pernah dioperasikan oleh Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tahun 1967 yang kala itu dirangkai dengan KA Bima.

Adapun fasilitas yang ditawarkan oleh Kereta Compartment Suites meliputi lounge khusus yang disediakan di Stasiun Besar, makanan berat juga makanan ringan, minuman baik air mineral, kopi ataupun teh, handuk panas, bantal, juga selimut.

Selain itu penumpang kereta kompartemen juga akan mendapatkan bagasi gratis 20 kilogram, mini TV, kursi rebah hingga 180 derajat dengan bilik privasi per kereta 16 ruang.(Sumber)