News  

Pertemuan Luar Biasa OKI, Indonesia Kecam Agresi Israel di Jalur Gaza

Indonesia mengecam agresi yang dilakukan oleh Israel terhadap warga sipil di Gaza dan seluruh wilayah pendudukan di Palestina.

Kecaman itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi selama Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menlu Organisasi Kerjasama Israel (OKI) di Jeddah, Arab Saudi pada Rabu (18/10).

“Pesan yang terus disampaikan Indonesia sangat jelas. Stop eskalasi, fokus pada masalah kemanusiaan, dan selesaikan akar masalah sesuai parameter internasional yang telah disepakati,” terang Retno dalam press briefing dari Jeddah.

Retno menyebut, pertemuan OKI di Jeddah sangat penting untuk memperkokoh kesatuan posisi OKI dalam menyoroti situasi Gaza yang semakin mengkhawatirkan.

Pada kesempatan itu, Retno juga menyoroti permintaan Israel untuk mengosongkan 22 rumah sakit di Gaza yang dinilai tidak manusiawi dan berhentangan dengan hukum humaniter internasional.

“Indonesia tekankan OKI harus mengirim pesan kuat sekaligus memobilisasi dukungan internasional untuk mengatasi situasi di Gaza,” tegasnya.(Sumber)