5 Negara Ini Pilih Bulutangkis Jadi Olahraga Favoritnya

SEBANYAK lima negara yang pilih bulu tangkis sebagai olahraga favorit akan dibahas di sini. Salah satunya adalah Indonesia.

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga populer di dunia. Bahkan, berdasarkan data dari Realbuzz, bulu tangkis merupakan olahraga terpopuler kedua di dunia dengan 220 juta orang yang memainkan olahraga ini di seluruh dunia.

Bulu tangkis

Tak semua negara mempunyai andalan di kancah bulu tangkis. Namun, ada lima negara yang menjadikan bulu tangkis sebagai olahraga terfavoritnya.

Berikut 5 Negara yang Pilih Bulu Tangkis sebagai Olahraga Favorit

5. China

Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Sudah bukan rahasia lagi bahwa China merupakan negara tempatnya para pebulu tangkis hebat berkumpul. China telah menjadi yang terbaik di kancah bulu tangkis yang dimainkan di sekolah hingga perguruan tinggi di seluruh China.

Imbasnya, China memiliki para atlet terhebat di setiap sektor bulu tangkis pada saat ini. Mulai dari Chen Qingchen/Jia Yifan di ganda putri hingga Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang menguasai ganda campuran.

4. Denmark

Viktor Axelsen

Denmark bisa disebut sebagai negara Eropa yang paling menggemari bulu tangkis. Inggris mungkin merupakan penemu olahraga ini, namun Denmark memiliki para atlet terbaik di olahraga ini.

Di masa lalu, Denmark punya tunggal putra sehebat Peter Gade dan kini diteruskan oleh Viktor Axelsen. Mereka juga mampu bersaing dengan negara-negara Asia yang biasanya lebih hebat dalam bulu tangkis.

3. Malaysia

Lee Zii Jia

Malaysia merupakan negara Asia Tenggara lainnya yang menjadikan bulu tangkis sebagai olahraga favorit. Olahraga ini sudah populer sejak 1925 di Penang, dan semakin berkembang setelah Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) resmi berdiri pada sekitar tahun 1960.

Atlet-atlet Malaysia kerap bersaing di ajang-ajang dunia. Di masa lalu, mereka memiliki tunggal putra sehebat Lee Chong Wei dan kini mempunyai seorang seperti Lee Zii Jia sebagai andalan di sektor tersebut.

2. Korea Selatan

An Se Young

Bulu tangkis sudah populer di Korea Selatan sejak lama. Namun, prestasi Korea Selatan di kancah bulu tangkis telah meningkat belakangan ini.

An Se-young merupakan tunggal putri terbaik dunia pada saat ini. Belum lagi Kang Mn-hyuk/Seo Seung-jae hingga Baek Ha-na/Lee So-hee yang perlahan menjadi kekuatan di ganda putra dan ganda putri.

1. Indonesia

Anthony Ginting

Masyarakat Indonesia telah dikenalkan dengan olahraga bulu tangkis sejak masih SD. Entah sebagai hobi atau ekstrakurikuler, anak-anak Indonesia pasti sudah dikenalkan dengan olahraga bulu tangkis.

Nama Indonesia di kancah bulu tangkis Indonesia sangatlah diperhitungkan. Tercatat, Indonesia telah membawa pulang setidaknya satu emas pada setiap Olimpiade sejak olahraga bulu tangkis mulai dipertandingkan pada pesta olahraga tersebut pada 1992 silam.

Nama-nama legendaris seperti Susy Susanti, Liem Swie King hingga Taufik Hidayat merupakan pahlawan nasional. Kebesaran Indonesia di kancah bulu tangkis pada saat ini dilanjutkan oleh nama-nama seperti Anthony Ginting, Fajar Alfian hingga Apriyani Rahayu.(Sumber)