Cak Imin Yakin AMIN Menang: Anies Kuat di DKI dan Jabar, Saya Jatim, Jateng, Lampung

Cawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin percaya diri alias pede dirinya dan capres Anies Baswedan akan menang di gelaran Pilpres 2024

Keyakinan itu muncul lantaran dia merasa menguasai suara di berbagai wilayah besar.

Cak Imin mengklaim dirinya menguasai suara di Jawa Timur (Jatim) hingga Lampung.

Sementara itu, kata dia, Anies menguasai suara di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten

 

Sebenarnya kan perebutan suara itu di Jawa. Jumlah penduduknya besar. Mas Anies kuat di DKI, Jabar dan Banten. Saya kuat di Jatim, Jateng, Kalimantan, Lampung. Selesai, menang,” kata Imin di acara Kick Andy, Kamis (19/10) malam.

Dalam kesempatan yang sama, Anies menyampaikan pihaknya memang akan mencoba mengeruk suara di wilayah-wilayah yang menguntungkan secara elektoral.

Namun, dia juga mengklaim akan tetap mendatangi wilayah-wilayah dengan penduduk kecil. Sebab, Anies mengaku ingin ada pemerataan akses keadilan.

Anies Sindir Keributan Politik di RI: Kembalikan Kewarasan Bernegara
Menurutnya, aspirasi penduduk yang tinggal di wilayah kecil juga tak kalah penting. Anies berpendapat suara dari bawah itu bisa menjadi basis pertimbangan membuat kebijakan nantinya.

“Sebagai strategi, kami akan memerhatikan daerah daerah yang memang punya efek elektoral untuk pemenangan,” ucapnya.

“Tapi kita akan mendatangi semua wilayah karena ingin kesetaraan dan penerataan,” imbuhnya.

Berdasarkan sejumlah lembaga survei, elektabilitas Anies-Imin cenderung mengalami pasang surut. Baik sebagai pasangan calon maupun sebagai capres dan cawapres.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin tidak langsung naik setelah deklarasi di Surabaya pada awal September lalu.

Meski pasangan pertama yang mendeklarasikan diri, Anies-Muhaimin masih kalah dibanding kandidat pasangan lain berdasarkan simulasi yang dilakukan SMRC.

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas Anies – Imin di Jawa Timur paling rendah jika dibandingkan Ganjar Pranowo – Mahfud MD dan Prabowo Subianto – Erick Thohir.

Elektabilitas Ganjar – Mahfud RI Jatim yakni 45 persen, Prabowo- Erick 28 persen dan Anies – Imin hanya 12 persen.

Survei SMRC itu dilakukan 20-22 September 2023 dengan wawancara via telepon terhadap responden dari masyarakat Jawa Timur.(Sumber)