Kaesang Soal Kiat Sukses Berbisnis: Mungkin Jadi Anak Presiden?

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menghadiri Peringatan Hari Santri di Pondok Pesantren Cadangpinggan di Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jumat (20/10).

Kaesang menjadi pembicara dalam acara yang digelar di ponpes pimpinan KH. Abdul Syakur Yasin alias Buya Syakur. Ia sempat ditanya soal kiat sukses di dunia bisnis oleh para santri yang hadir.

Sebelum terjun ke dunia politik, Kaesang dikenal sebagai pengusaha. Salah satu bisnisnya ialah Sang Pisang Kaesang.

“Banyak yang bertanya kepada saya, gimana sih caranya menjadi sukses, buat saya ini adalah pertanyaan yang susah untuk dijawab,” ujar Kaesang, Jumat (20/10).

Kaesang lalu berseloroh salah satu kesuksesannya karena dia anak Presiden Jokowi.

“Jadi yang namanya Pak Presiden ini, promosi gratis buat saya, jadi kalo ditanya caranya gimana, mungkin ya jadi anak presiden,” ungkap Kaesang disambut tawa oleh santri.

Bagi Kaesang, dukungan orang tua sangat penting baginya. Sebab keberanian dan rasa percaya dirinya tumbuh karena ada dukungan itu. Maka itu ia meminta para santri untuk selalu meminta bimbingan dan saran dari orang tua mereka.

“Walaupun kadang Pak Presiden ditelepon susah juga, harus ke ajudan-ajudan dulu, belum lagi beliau ada rapat dulu,” ujar Kaesang.

Lantas bagaimana saat Jokowi sudah tidak menjabat presiden lagi? Kaesang menanggapinya santai. Dia mengatakan tidak ada persiapan khusus.

 

“Bapak mungkin hanya meninggalkan nama baik saja buat anak-anaknya,” kata anak bungsu Jokowi itu.

Dalam kunjungan itu, Kaesang didampingi Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antonio dan Direktur Pencegahan-BNPT RI Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid.(Sumber)