Brad Binder Dihukum, Francesco Bagnaia Dinyatakan Finis Kedua MotoGP Thailand 2023

MotoGP - Thailand Grand Prix - Chang International Circuit, Buriram, Thailand - October 29, 2023 Ducati Lenovo Team's Francesco Bagnaia celebrates after finishing second in the MotoGP REUTERS/Athit Perawonmetha

PENYEBAB Francesco Bagnaia dinyatakan finis kedua di balapan utama MotoGP Thailand 2023 akan dibahas di sini. Sang pembalap Ducati Lenovo sebenarnya finis ketiga, namun Brad Binder mendapatkan hukuman sehingga posisi Bagnaia naik.

Pembalap Red Bull KTM, Binder, sebenarnya finis kedua di belakang Jorge Martin. Namun, dia mendapatkan hukuman track limit di akhir balapan.

Pecco-sapaan akrab Bagnaia- dinyatakan naik ke podium dua meski dirinya finis di urutan ketiga pada balapan yang digelar Minggu (29/10/2023) di Sirkuit Buriram, Thailand. Sementara Binder turun ke posisi ketiga.

Hal ini lantaran Binder dinyatakan melanggar pada momen-momen akhir balapan. Dia tertangkap melindas track limit di tikungan 4 pada lap terakhir balapan.

“Binder finis kedua tetapi kesalahannya terjadi lebih awal pada lap terakhir dengan batas lintasan yang membatasi, menurunkan pembalap Afrika Selatan itu ke posisi ketiga,” bunyi keterangan resmi MotoGP, Minggu (29/10/2023).

Kejadian ini lantas kian mempersengit persaingan antara Martin dan Pecco. Keduanya saat ini merupakan dua pembalap teratas klasemen MotoGP 2023.

Francesco Bagnaia

Pecco saat ini masih unggul atas Martin. Dia duduk di peringkat pertama dengan koleksi poin 389.

Angka tersebut unggul 13 poin dari milik Martin. Diketahui saat ini Martin telah mengoleksi 376 poin di posisi kedua klasemen.

(Sumber)