Rekening Baim Wong Terkuras Karena Klik File APK di WhatsApp, Ini Cara Menghindarinya

Kabar pilu baru-baru ini dialami Baim Wong. Jelasnya, artis tampan ini kena tipu hingga tabungan di rekeningnya terkuras akibat sembarangan mengklik file APK yang dikirim via WhatsApp.

“Baru-baru ini, sebenarnya saya mengalami musibah. Minggu kemarin, saya menerima WhatsApp dari nomor yang tidak saya kenal,” ungkap suami Paula Verhoeven seperti dikutip dari video unggahan Baim Wong @baimwong di media sosial Instagram pribadinya pada Selasa (31/10/2023).

Sebagaimana penjelasannya, pesan via WhatsApp itu berupa file APK atau aplikasi yang dikirim oleh penipu dengan mengaku sebagai kurir paket. Aplikasi tersebut diberi nama “Cek Fhoto Paket” dengan kapasitas 5,9 MB. Kebetulan ayah dua anak tersebut pada hari itu memang sedang memesan barang di toko online, maka tanpa pikir panjang Baim pun mengklik file APK yang dikirim oleh nomor tak dikenal tersebut.

“Si pengirim itu mengaku sebagai kurir paket dan dichat-nya itu dia kirim foto paket berupa file dan kebetulan saya juga sedang memesan barang via online,” jelas Baim Wong.

“Nah, saya itu nggak ngeh, main klik aja karena saya memastikan paket saya. Dan anehnya, yang muncul adalah tampilan loading beberapa saat,” sambungnya.

Sebenarnya aktor video prank di kanal YouTubenya ini sempat menaruh curiga, tetapi sebab sibuk dengan berbagai aktivitas, ia mengabaikan kebimbangan itu.

Kemudian ia baru tersadar saat membaca notifikasi transfer antar bank di ponselnya, bahwa sejumlah uang telah berpindah dari rekeningnya ke rekening orang lain. Sontak Baim sadar bahwa uangnya telah raib diambil si penipu.

“Akhirnya kemarin saya dikagetkan dengan beberapa notifikasi transfer bank yang saya terima. Sejumlah uang telah ditransfer dari salah satu rekening saya ke rekening lain yang saya tidak kenal. Dan di situ saya langsung menghubungi pihak bank dan memutuskan untuk memblokir rekening saya,” imbuh Baim Wong.

File APK yang dikirim via WhatsApp

File APK yang dikirim penipu melalui WhatsApp (TikTok/@kiosgitha)
File APK yang dikirim penipu melalui WhatsApp (TikTok/@kiosgitha)

Kejadian menyesakkan dada yang telah menimpa Baim Wong ini dapat menjadi pelajaran bagi warganet lain sebagai pengguna media sosial, terlebih pengguna layanan WhatsApp.

Guna menghindar dari penipuan yang serupa, pengguna aplikasi pesan WhatsApp ini perlu waspada dengan cara berikut:

1. Cari Informasi ke Sumber yang Terpercaya

Jika mendapat kiriman file melalui pesan WhatsApp dari nomor tak dikenal, baik mengatasnamakan salah satu penyelenggara sayembara, panitia undian, kurir paket, petugas PLN, teman yang hendak nikah, dan lain sebagainya, hendaknya terlebih dulu cek informasi dari sumber yang terpercaya.

Cari kebenaran informasi tersebut melalui situs resmi (jika berupa pemenang undian), atau sumber informasi yang dapat dipercaya (jika mengatasnamakan panitia pernikahan). Jangan terburu-buru mengambil tindakan tanpa mengetahui kebenarannya.

2. Periksa File yang Dikirim

Jika pesan yang dikirim berupa link atau tautan yang mencurigakan, atau berupa aplikasi, maka periksa terlebih dulu. Tautan tersebut mungkin mengarahkan ke situs yang berbahaya atau aplikasi mengandung malware yang dapat merekam setiap aktifitas perangkat, termasuk merekam password mobile banking.

3. Jangan Sembarang Klik

Penipu biasanya menyertakan tautan atau aplikasi APK yang memungkinkan calon korban untuk membukanya. Jangan sembarang diklik. Dibaca dulu filenya, jika berupa APK, maka hindari. Dan pada biasanya, baik kiriman tautan atau file aplikasi yang datangnya dari penipu, kalimatnya seringkali salah tulis. Seperti file aplikasi yang dikirim oleh penipu yang mengaku sebagai kurir paket, tertulis CEK FHOTO PAKET, yang seharusnya ditulis CEK FOTO PAKET. Jika benar file gambar yang dikirimnya, maka file tersebut berupa jpg bukan apk.